Beranda Berita Utama

Rapat Pleno Terbuka Bapaslon Bupati Bersyarat Masuki Babak Final

50
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id KEPULAUAN SELAYAR –Setelah melalui proses panjang, tahapan verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan, bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan tahun 2020, memasuki babak final.

Rapat Pleno Terbuka Hasil Verfak Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan maka di
Tetapkan Pasangan Zas, Pendaftar Calon Bupati, Bersyarat  Pertama, di Selayar .

Finalisasi kegiatan verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan, ditandai dengan pelaksanaan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan yang digelar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, bertempat, di gedung sanggar PKK, jalan, Muh. Krg. Bonto, Benteng, pada hari Jum’at, (21/08/2020) pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, menegaskan, “rapat pleno terhadap hasil verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan, bakal calon perseorangan yang digelar, pada hari, Jum’at pagi, dilaksanakan secara terbuka, dan terbuka untuk umum”

Berbeda dengan pelaksanaan rapat-rapat pleno sebelumnya, yang langsung diambil alih dan dibuka ketua kpu, tanpa didahului dengan rangkaian acara seremonial, seperti biasanya.

Pelaksanaan rapat pleno ditandai dengan penyampaian secara detail mengenai regulasi rekap dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati sebagaimana yang digariskan pada ketentuan pasal 32 D, point enam, peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 18  tahun 2019, tentang, kewajiban pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten, terhadap hasil verifikasi faktual (verfak) dukungan perbaikan, bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan.

“Nandar Jamaluddin menegaskan, ketentuan ini, didasarkan pada peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2012 tentang pencalonan bupati dan wakil bupati tahun 2020”, ujarnya di hadapan, lima puluh lima orang, jajaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan yang menjadi peserta rapat pleno terbuka.

Rapat pleno dihadiri tiga orang komisioner, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari ketua, Nandar Jamaluddin, koordinator divisi tekhnis KPU, Andi Dewantara, dan koordinator divisi sosialisasi, sumberdaya manusia (SDM), dan partisipasi pemilih, Andi Nastuti.

Dalam pelaksanaan rapat pleno yang dihadiri oleh staf ahli bupati, Andi Baso, SH, tim forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda),  selaku penghubung pasangan calon, ketua bawaslu, Suharno, SH  dan koordinator divisi  Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu, Abdul Kadir, ST, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, menyatakan pasangan, Dr. H. Zainuddin, SH., MH dan Aji Sumarno, S.STP,  sebagai salah seorang bakal pasangan calon (bapaslon) yang secara administrasi dukungan telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati, pada  bulan September mendatang.

Pasangan ini dinyatakan bersyarat secara administrasi, untuk pendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati, usai memasukkan total  sebelas ribu lima ratus empat puluh dua (11.542) berkas dukungan e-ktp dari sembilan ribu seratus enam puluh satu dukungan yang dipersyaratkan KPU.

Penegasan tersebut dilontarkan Nandar Jamaluddin, di hadapan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil), Drs. Andi Patonrangi Pasbal, yang hadir bersama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol), Ince Rahim, S.Pd., SH., MH.

Penegasan ini disampaikannya, usai dibacakannya hasil rekapitulasi tingkat kecamatan yang dipandu Koordinator Divisi (Koordiv) Tekhnis KPU Kep. Selayar, Andi Dewantara. (Andi Fadly Dg. Biritta)

Finalisasi kegiatan verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan, ditandai dengan pelaksanaan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, bertempat, di gedung sanggar PKK, jalan, Muh. Krg. Bonto, Benteng, pada hari Jum’at, (21/08) pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, menegaskan “rapat pleno terhadap hasil verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perbaikan, bakal calon perseorangan yang digelar, pada hari, Jum’at pagi, dilaksanakan secara terbuka, dan terbuka untuk umum”

Pelaksanaan rapat pleno ditandai dengan penyampaian secara detail mengenai regulasi rekap dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati sebagaimana yang digariskan pada ketentuan pasal 32 D, point enam, peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) nomor delapan belas, tahun 2019, tentang, kewajiban pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten, terhadap hasil verifikasi faktual (verfak) dukungan perbaikan, bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan.

“Nandar Jamaluddin menegaskan, ketentuan ini, didasarkan pada peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan bupati dan wakil bupati tahun 2020”, ujarnya di hadapan, lima puluh lima orang, jajaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan yang menjadi peserta rapat pleno terbuka.

Rapat pleno dihadiri tiga orang komisioner, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari ketua, Nandar Jamaluddin, koordinator divisi tekhnis KPU, Andi Dewantara, dan koordinator divisi sosialisasi, sumberdaya manusia (SDM), dan partisipasi pemilih, Andi Nastuti.

Dalam pelaksanaan rapat pleno yang dihadiri oleh staf ahli bupati, Andi Baso, SH, tim forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda),  penghubung pasangan calon, ketua bawaslu, Suharno, SH  dan koordinator divisi  Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu, Abdul Kadir, ST, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, menyatakan pasangan, Dr. H. Zainuddin, SH., MH dan Aji Sumarno, S.STP.

Pasangan ini dinyatakan bersyarat secara administrasi, untuk pendaftar sebagai calon Bupati dan wakil Bupati, usai memasukkan total  sebelas ribu lima ratus empat puluh dua (11.542) berkas dukungan e-ktp dari sembilan ribu seratus enam puluh satu dukungan yang dipersyaratkan KPU.

Penegasan tersebut dilontarkan Nandar Jamaluddin, di hadapan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil), Drs. Andi Patonrangi Pasbal, yang hadir bersama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol), Ince Rahim, S.Pd., SH., MH.

Penegasan ini disampaikannya, usai dibacakannya hasil rekapitulasi tingkat kecamatan yang dipandu Koordinator Divisi (Koordiv) Tekhnis KPU Kep. Selayar, Andi Dewantara.

Penulis : Andi Fadly
Editor    : Mariyani
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here