Beranda Berita Utama

Diduga Rakusi Dana Desa, LSM L-PK2 Kawal Dugaan Kasus Korupsi Kades Borongtala

472
0


HALILINTARNEWS.id, JENEPONTO — Kades Borongtala Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Ruhardi disinyalir kuat merakusi Dana Desa (DD), sehingga diduga keras pula memark up Anggaran MCK hingga sebesar 6 juta perunit kali 100 unit.

Dari 100 unit pengerjaan proyek jambang keluarga tersebut, Kades Borongtala, Ruhardi Rewa diduga kuat menelekongi keuntungan korupsinya, sedikitnya sebesar 300 juta rupiah dari indikasi korupsi sebesar 3 juta per unit.

Sekaitan dengan itu, Ketua DPC LSM L-PK2 Kabupaten Jeneponto, Jumatang kepada rekan Media ini mengatakan kalau kasus dugaan korupsi yang diduga keras dilakukan oleh Kades, Ruhardi pihaknya setia mengkawal di Kejaksaan Negeri Jeneponto.

Sejalan dengan kasus ini, Kasi Intel Kejari Jeneponto, Indraswaty SH MH ketika ditemui oleh rekan Media ini di ruang kerjanya, Rabu 21 Oktober 2020 menjelaskan, bahwa pihaknya sudah pernah turun ke lapangan dan untuk kelanjutannya, kami sudah berikan APIP Inspektorat Jeneponto tinggal kami tunggu hasil temuannya besar atau kecil kerugian keuangan negara.

“Terkait laporan Kepala Desa Borongtala Kami sudah turun lapangan mengecek dan Kami sudah serahkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk mengetahui perkembangan selanjutnya, berapa besar indikasi kerugian keuangan negaranya”. Jelasnya.

Namun Inspektur Inspektorat Kabupaten Jeneponto, Maskur SH yang ingin ditemui dikonfirmasi berapa orang rekan Tim APIP yang dibentuk dan ditunjuknya untuk menindaklanjuti laporan Kades Borongtala, Beliau sedang tidak ada di ruang kerjanya.

Menurut salah satu stafnya yakni Muh. Yusuf P mengatakan, pegawai dan Inspektur lagi tidak di Kantor. Mereka pada ke lapangan melakukan tugas pemeriksaan penggunaan dana Desa dan dana Kelurahan. Ucapnya Rabu, 2020.

Penulis : Hamzah Sila
Editor    : Supriadi Awing
halilintarnews.id. 2020

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here