Beranda Berita Utama

Suhu Politik Semakin Memanas, Pilkada Serentak 2020 Harus Aman dan Damai

77
0


HALILINTARNEWS.id, TERNATE —Sekalipun suhu politik di beberaoa daerah Kabupaten dalam Wilayah Maluku Utara semakin memanas, Namun Gubernur Maluku Utara KH. H. Abdul Gani Kasuba, mengharapkan pemilihan Kepala Daerah di delapan Kabupaten dan Kota agar mengedepankan pemilu damai, sehingga tahapan pilkada serentak di tahun 2020 dapat berjalan lancar dan aman, demikian di sampaikan oleh Gubernur kepada wartawan.

“Saya sangat mengharapkan kepada para calon untuk tidak saling menjatuhkan satu sama lain, dan tidak saling menghujat. Harus mengedepankan politik santun sehingga pilkada serentak berjalan mulus penuh kedamaian.Kata Gubernur.

Gubernur juga harap bahwa di tengah pandemi virus corona, protokol kesehatan selalu di terapkan, karena pandemi covic 19 masih bergerilya di Maluku Utara, tuturbya.

Tahapan pilkada serentak ini di tengah pandemi covid 19 maka protokol kesehatan di terapkan baik para kontestan maupun penyelenggara ujar Abdul Gani Kasuba. lc. Gubernur Maluku Utara tdak akan cuti kampanye meskinpun di undang partai yang mengusungnya saat Pemilihan Gubernur lalu.

“Saya selaku gubernur, saya tidak turun kampanye ke kandidat siapapun juga katanya. Semua orang tahu bahwa gubernur saat itu di usung oleh PDIP dan PKPI namun tidak masuk daftar sebagai juru kampanye akbar, dan saya tidak mendukung siapa siapa lanjut gubernur.

Lebih lanjut di katakan bahwa Gubernur fokus menyiapkan pejabat Bupati di delapan Kabupaten Kota untuk mengisi kekosongan, karena ke delapan kepala daerah bupati dan walikotanya akan mengajukan cuti untuk turun berkampanye.

Dalam waktu dekat Gubernur akan melantik pejabat yang akan mengisi kursi Bupati dan Walikota setelah KPU sudah menetapkan para calon. Di akhir keteragannya apa bila ada bakal calon yang mengenyampingkan protokol kesehatan covid 19 agar di diskualifikasi, hak ini di minta KPU dan Bawaslu tegas bertindak calon dan partai politik sebagai peserta pilkada yang tidak mentaati aturan, Sebab protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid 19 menjadi bagian dari aturan pelaksanaan pilkada 2020.

Di tengah pandemi. Hal tersebut sudah di atur dalam peraturan KPU (PKPU) nomor 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada dalam kondisi bencana non alam. covid 19 sudah mengatur ketentuan pendaftaran pencalonan harus memperhatikan protokol kesehatan. (absir)

Penulis : Absir
Editor    : Akhmad Basir Noer
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here