Beranda Berita Utama

Desa Bonto Cini Masuk Kategori Penanganan Operasi Sunting Terbaik

60
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, JENEPONTO — Penyakit Sunting merupakan Penyakit yang biasa di alami oleh Ibu Hamil, terutama bagi ibu yang memiliki resiko tinggi menjelang kelahiran bayinya, ataupun pada saat kehamilan berlangsung.

Sudah menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, dan jajarannya Pahri, bersama Instansi terkait dalam hal ini, Kepala UPT BKKBN Hj. Hasnah .SE, Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Kedua Instamsi ini berkolaborasi menjalanlan tugas dan fungsi yang sama yakni memberikan penyuluhan terkait Bahaya Sunting yang biasanya di alami oleh Ibu hamil dan melahirkan.

Sehubungan dengan maraknya penyakit Sunting yang terjadi di Desa Bonto Cini, maka Kepala UPT BKKBN Kecamatan Rumbia gencar melakukan sosialisasi terkait penyakit Sunting yang merupakan dinamika yang ada di masyarakat, khususnya di Desa Bonto Cini.

Kedua tenaga penyuluh ini, menyampaikan pentingnya bagi ibu hamil dan ibu melahirkan untuk mengkomsumsi makanan yang beragam bergizi dan berimbang, syarat dengan vitamin, mineral dan karbohidrat, dengan mengkomsumsi, buah, sayuran dan menambahkan segelas susu, barulah di katakan makanan 4 Sehat 5 Sempurna, tidak perlu mahal yang penting asupan gizi yang di butuhkan Bayi yang ada dalam kandungan, dan setelah Bayi tersebut lahir maka ia akan memudahkan tumbuh kembang dan IQ, terpenuhi dari sisi kesehatannya.

Hadir dalam kegiatan Pencegahan Penyakit Sunting, Kepala Desa Bonto Cini bersama Ketua Tim Penggerak PKK Inayah,dari Dinas Keaehatan Fahrir, Hj.Hasnah.SE Kepala UPT BKKBN dan para Kader se Desa Bonto Cini, 31/8/2020. Dan kegiatan ini berlangsung di halaman Rumah Kepala Desa Bonto Cini, pada jam 8.00 sampai selesai.

Menurut Pahrir dari Dinas Kesehatan, Kecamatan Rumbia menambahkan, untuk menghindari twrjadinya penyakit Sunting bagi Ibu hamil beberapa hal yang harus di penuhi yakni :bagi ibu hamil wajib memerikasakan Usia kehamilannya pada petugas kesehatan terdekat, dan di berikan pelayanan berupa Imunisasi BCG, Campak, dan Polio, begitupun setelah bayinya lahir, Bayinya pun wajib mendapatkan Imunisasi yang sama, agar terhindar dari penyakit seperti, TBC, Campak dan Polio.

Perlu di ketahui bahwa, asupan makanan yang bergisi penting bagi keduanya Ibu dan Anak, wajib mentaati anjuran Penyuluh keaehatan, dan BKKBN, guna terciptanya Kesehatan ibu dan anak.

Mampaat yang dapat di peroleh pada kedua pelayanan tersebut, antara lain, pentingnya makanan sebagai Zat Pbangun, Sayuran yang berpungsi sebagai Zat Pengatur dan Bua – buahan teermasuk segelas susu sebagai Zat Pembangun, hal ini teasuk makanan yang banyak mengandung Mineral, Protein dan asupan Gizi yang lengkap, sebagai penunjang 4 sehat 5 Sempurnah.

Kedua Tenaga Penyuluh dari Kecamatan Rumbia ini menyampaikan, Pentingnya Sosialisasi Sunting bagi ibu hamil dan menyusui ( Bumil/ Busui ). baik melalui Posyandu maupun, di Kantor Desa.

Fahrir dan Hj.Hasnah SE, juga mengongatkan kepada semua Kader dan Institusi yang ada di Desa Bonto Cini, agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan selalu menggunakan masker pada saat keluar rumah.

Penulis : HM/ Ikbal
Editor    : Supriadi Awing
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here