Beranda Berita Utama

Bakti Sosial Tanah Wakaf Di Jadikan TPU Tabona, Ini Yang Dilakukan Warga Ternate

38
0


HALILINTARNEWS.id, TAMBONA — Seluruh warga yang berdomisili di Kelurahan Tabona Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, melaksanakan kerja bakti untuk membangun Tanah Pekuburan Umum, yang bersumber dari salah seorang Dermawan.

Kegiatan pembangunan TPU bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi warga yang tengah berduka, agar setiap.ada warga yamg meninggal tidak lagi kesulitan mencari lokasi dimana keluarganya akan di makamkan.

Menurut Lurah Tabona, Rudi Jafar.Sip, pada saat menggerakkan warganya untuk melakukan kerja bakti setiap hari minggu,

kerja bakti ini di maksudkan agar sisa hasil pembangunan Pondasi dapat di gunakan untuk renopasi pembangunan pekuburan.

Masih kata Lurah Rukun Tetangga yang ada sebanyak 13 RT. isi surat pemberitahuan yang di keluarkan oleh Lurah Antara mengharapkan para warga untuk mengambil bagian , berpartisipasi aktif setiap hari minggu melakukan kerja bhakti di areal pekuburan di maksud.

Mengingat pekuburan yang ada sudah penuh, dan tidak dapat di gunakan lagi, sehingga pihak Pemeerintah melalui kelurahan dapat membuka lahan yang baru ,

Di akui kelurahan Tabona memiliki dua lokasi penguburan,
namun yang satu sudah penuh  sesat dan yang satunya berada di komplex Hate Gosora.

Lokasi yang ada di Hate Gosora meupakan tanah hibah dari salah seorang Dermawan khusus untuk warga sekitar tersebut, mengingat lokasinya sangat kecil sehingga daya tanpungnya sangat terbatas.

Menurut Imam Ilham dalam pertemuan malam minggu 16 agustus 2020 yang di hadiri oleh warga setempat dan salah seorang anggota DPRD kota Ternate, menyampaikan beberapa hal di antaranya adalah perlunya pembuatan  lokasi penguburan tersebut, sekalian penimbunan,, serta perlunya pembatasan
penerimaan jenazah dari luar, karena mengingat lokasinya sangat sempit dan bukan pekuburan umum, melainkan khusus warga seputaran Hate Gosora. Namun demikian kami juga serba salah, ini faktor kemanusiaan, kalau di tolak salah, di terima juga salah, kami selaku imam serba salah ujarnya di hadapan warga.

Ia menambahkan bahwa tanah pekuburan di Hate gosora adalah tanah wakaf dan di khususkan sebagai tanah pekuburan.

Penulis : Ris/Absir
Editor    : Akhmad Basir Noer
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here