Beranda BULUKKUMBA Wabup Edy Manaf Motivasi Mahasiswa Modul Nusantara Unismuh Makassar, Minta Tanamkan Mindset...

Wabup Edy Manaf Motivasi Mahasiswa Modul Nusantara Unismuh Makassar, Minta Tanamkan Mindset Enterpreneur

69
0


HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA — Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf menerima menerima Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound Universitas Muhammadiyah Makassar melalui program Modul Nusantara, Rabu, 12 Januari 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati.

Sebanyak 36 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mendapatkan sejumlah motivasi dari Wabup Edy Manaf.

Layaknya dosen, Wabup Edy Manaf tampak menggugah semangat jiwa muda para mahasiwa tersebut agar memiliki mindset untuk menjadi seorang enterpreneur.

Ia menilai seorang entrepreneur memiliki keyakinan kuat bahwa hidup dapat diperbaiki dan menjalani hidup dengan cara mereka sendiri.

“Alih-alih menjadi seorang pegawai, kenapa anak-anakku sekalian tidak mencoba untuk memikirkan sebuah peluang usaha yang bisa melahirkan seorang atau sejumlah pegawai atau karyawan,” kata Wabup berlatar pengusaha ini.

Edy Manaf menegaskan kepada para mahasiswa untuk terus memanfaatkan setiap peluang yang didapatkan, termasuk kesempatan bisa studi di berbagai daerah sehingga dapat dijadikan momen untuk mempelajari dan meneliti setiap karaktersitik suatu daerah untuk dijadikan modal ilmu untuk bekal ke depannya.

Di era moderenisasi yang seiring berkembangnya teknologi dan digitalisasi, Edy Manaf menilai hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para milenial untuk mengakses berbagai informasi yang memudahkan mencari peluang yang ada, seperti misalnya materi pembelajaran, memasarkan suatu produk melalui e-commerce, ataupun membuat konten digital melalui berbagai platform dan lain sebagainya.

“Manfaatkan setiap peluang yang ada, karena kesempatan itu tidak harus menunggu sarjana, untuk itu mulai sekarang kalian harus membangun dan mencari peluang untuk bekal ke depan,” ujar Edy Manaf.

Olehnya itu,Edy Manaf menyambut baik kedatangan para mahasiswa Modul Nusantara. Menurutnya Kabupaten Bulukumba merupakan daerah dengan beragam potensi yang dapat dipelajari. Contohnya kebudayaan masyarakat Ammatoa Kajang dengan segala kearifan budayanya, pembuatan perahu Pinisi dengan nilai filosofinya, beragam pariwisata dengan keindahan panoramanya, serta potensi di sektor lainnya.

Baca Juga :  Jelang 8 Besar Piala Soeratin U-17, Bupati Andi Utta Lepas Tim Gasiba

“Kami menyambut baik anak-anakku sekalian dan kami sangat mengapresiasi telah menjadikan Bulukumba sebagai salah satu daerah yang dijadikan objek studi,” ungkapnya.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah Makassar Dr. Nasrum M.Pd menyebutkan, kegiatan pertukaran mahasiwa ini merupakan implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kurikulum MBKM kata Nasrum memiliki berbagai kegiatan di dalamnya, antaranya
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, Riset atau Penelitian, sampai kegiatan Bela Negara dan lain sebagainya.

Khusus yang dilakukan saat ini, Nasrum mengatakan pihaknya mengadakan pembelajaran mengenai Mahasiswa Merdeka, dimana pertukaran Mahasiswa Merdeka tersebut bertujuan untuk mendorong tumbuhnya semangat cinta tanah air melalui persahabatan antar generasi muda di berbagai wilayah nusantara.

Mengenai kegiatan yang akan dilakukan di Kabupaten Bulukumba, Nasrum menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan implementasi dari Modul Nusantara, dimana para mahasiwa tersebut akan melakukan studi di berbagai daerah untuk mempelajari budaya-budaya di setiap daerah yang dikunjungi.

Diketahui, 36 mahasiwa yang mengunjungi Kabupaten Bulukumba tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, antara lain, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Medan, Universitas Samudera, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Universitas Malikussaleh, Universitas Prima Indonesia, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Lampung, Universitas Simalungun, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Universitas Jambi, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Seluruh mahasiswa dari berbagai Universitas tersebut dinaungi Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Rencananya kami akan melakukan kegiatan kebhinekaan di Kajang dan di sekitar pembuatan perahu Pinisi serta di sekitar pantai Bira,” ungkap Nasrum.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati atas keterbukaannya menyambut para mahasiswa serta rombongan Pertukaran Mahasiswa Merdeka inbound Universitas Muhammadiyah Makassar.

Baca Juga :  Kemenag Sulsel Dapat "Hadiah Terbesar" dari Pemkab Bulukumba

Nasrum berharap melalui dukungan Pemkab Bulukumba seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here