Beranda Berita Utama

Aliansi Pemuda Mahasiswa Jeneponto Bersatu Geruduk Kantor Dinkes,”Copot Kadinkes Jeneponto

55
0


HALILINTARNEWS.id, JENEPONTO — Puluhan orang yang tergabung Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Jeneponto melakukan aksi demonstrasi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, jalan Kariya Kelurahan Empoang Kota Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, jumat 4/9/2020, pukul 2.00 wita.

Para peserta demo saat aksi berteriak lantang meminta kepada Bupati Jeneponto copot Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto.

Menurut Kordinator Lapangan selaku penanggung jawab aksi Andi Reski mengatakan banyaknya bangunan puskesmas yang diduga menyalahi bestek karena kondisi bangunan sudah banyak yang retak, ungkap Andi Reski.

Hal ini yang terjadi pekerjaan bangunan yang baru selesai dikerjakan, Puskesmas Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, yang sumber dananya dari APBN di kerjakan oleh PT Tiga Bintang Griyasana dengan anggaran sebesar 10.310.005.038.35, menuai sorotan publik karena kondisi bangunan sangat memprihatimkan dan sangat membahayakan bagi masyarakat, katanya.

Selain proyek bangunan puskesmas Bontoramba, juga penambahan pekerjaan pembangunan  Puskesmas yang dikerjakan oleh CV.Hijrah Mandiri dengan anggaran sebesar, 1.886.000.000.00,-

Kedua proyek bangunan puskesmas tersebut, diduga pekerjaannya amburadul tidak sesuai dengan prosedur alias bestek.Ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa diduga adanya oknum terkait dalam pekerjaan gedung Puskesmas Bontoramba dan Puskesmas Binamu, telah memangkas atau mark-up anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk kedua bangunan tersebut.

Olenya itu pihak pihak Dinas Kesehatan dan rekanan harus bertanggung jawab pembangunan puskesmas Bontoramba dan puskesmas Binamu yang menelan anggaran APBN miliyaran rupiah.

Menurutnya bahwa Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dinilai gagal dan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, kata Andi Reski.

Kami dari Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Jeneponto Bersatu menyatakan sikap,” meminta kepada Bupati Jeneponto Iksan Iskandar agar mencopot Kepala Dinas Kesehatan, meminta kepada Kejaksaan Negeri Jeneponto agar mengusut tuntas terkait pembangunan puskesmas Bontoramba dan puskesmas Binamu, menuai sorotan publik, tegasnya.

Para pendemo diterima oleh Kadis kesehatan diruang pola kantor kesehatan Jeneponto.

Disela-sela pertemuan Kadis kesehatan Jeneponto Syusanty Mansyur mengatakan, kedua bangunan puskemas Bontoramba dan Binamu, kami sudah turun bersama PPTK, Konsultan, pengawas melihat langsung kondisi bangunan itu, ungkap Kadis.

Adapun kerusakan bangunan puskesmas masih ada tahap perbaikan, jelasnya.

Sementara PPTK proyek pembangunan puskesmas Kamaluddin mengatakan, kita adalah manusia biasa, semuanya butuh proses, tidak ada pekerjaan yang sempurna makanya itu harus disempurnakan. Kata Kamal.

Pihak aparat dari Kepolisian melakukan keamanan, kegiatan demontrasi berlangsung aman.

Penulis : Supriadi Awing
Editor    : Red
halilintarnews.id. 2020

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here