Beranda Berita Utama

Puskesmas Bissappu Galakkan Sosialisasi BIAS Sesuai Kemenkes

72
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG –Kerpala Puskesmas (Kapus) Bissappu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng, Ernawati, SST,,SKM kembali menggelar sosialisasi, Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS ) berdasarkan Surat Edaran
Kementrian Kesehatan RI,Dirjen Pencegahan dan pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/4/9760/2020 tanggal 09 juli 2020 tentang pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada masa pandemi covid 19 dan surat edaran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng nomor 919/440.1.3.8/DINKES BTG/VIII/2020 Tanggal 3/8/2020.

Mernurut Kepala Puskesmas Bissappu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng Sulaweai Selatan, Ernawati,SST,SKM mengatakan bahwa pelaksanaan BIAS pada masa pandemi corona virus Desease (covid 19), maka strategi pelaksanaan BIAS melalui Puskesmas Keliling dengan cara door to door, ungkap Ernawati.

Kabupaten Bantaeng merupakan daerah zona sekolah yang belum dibuka sehingga kegiatan BIAS yang sifatnya dilakukan bergerak berupa puskesmas keliling dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan covid 19 baik bagi petugas maupun terhadap sasaran Imunisasi.

Kegiatan kali ini, berbeda dari tahun tahun sebelumnya maka Puskesmas Bissappu mengangap perlu dilakukan penyebarluasan informasi ini, maka dilakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kader kesehatan, kata Ernawati.

Ia menambahkan Kader kesehatan adalah institusi yang berasal dari masyarakat, dipilih oleh masyarakat, dan bekerja sama dengan masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan, sesuai dengan fungsinya sebagai penggerak, pelopor dan pelaksana program kesehatan dalam peningkatan status kesehatan masyarakat, yang tidak terlepas dari pendampingan para tenaga medis yang tugaskan untuk kegiatan Imunisasi ini, pungkasnya.

Setiap program kesehatan yang sasarannya adalah masyarakat , tidak akan lancar, efektif dan efisien tanpa peran aktif masyarakat, dan partisipasi kader kesehatan, yang merupakan akar rumput, sehingga kegiatan ini dapat berkesinambungan tumbuh dan berkembang di tengah – tengah masyarakat. Tutup Kapus Bissappu Ernawati.

Penulis : Supriadi Awing
Editor    : Mariyani
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here