Beranda Berita Utama

SCN Kab. Bantaeng Kembali Ciptakan Berbagai Seniman Adat Budaya Lokal di Balla Lompoa

60
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Seni musik tradisional yang diselenggarakan Seniman Celebes Nusantara (SCN) Kabupaten Bantaeng berlangsung cukup meriah di Balla Lompoa Kabupaten Bantaeng, Selasa (25/8/20).

Musik merupakan seni yang memadukan suara vokal, atau instrumen untuk keindahan, musik ini juga selalu identik dengan hal – hal yang klasik seperti seniman , jadi seni musik adalah susunan bunyi, suara sehingga berisi irama , lagu dan nada.

Acara Pentas Seni Musik Tradisional dibuka secara Resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng Abdul Wahab dengan menabuh Gong yang sudah disiapkan panitia pelaksana.

Turut hadir dalam acara pembukaan Pentas Seni Musik Tradisional Dandim 1410 Bantaeng, Perwakilan Polres Bantaeng, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Kesehatan, Kadis Pariwisata, dan beberapa Pejabat Pemkab Bantaeng.

Dalam sambutannya, Sekda Bantaeng terlebih dahulu menyampaikan permintaan maaf atas ketidak hadiran Bupati Bantaeng berhubung karena beliau sedang berada di Jakarta, Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Seniman Celebes Nusantara yang telah melaksanakan Pentas Seni Musik Tradisional.

“Terlebih dahulu saya menyampaikan permohonan maaf bapak bupati Bantaeng karena beliau sedang berada di Jakarta dan wakil bupati juga berada diluar kota, maka dari itu beliau meminta saya untuk mewakilinya hadir dan membuka acara ini”.

Lanjut disampaikan, Kegiatan ini tentunya sangat kami apresiasi selaku pemerintah kabupaten Bantaeng, selain mengangkat budaya Bantaeng, kegiatan yang teman Teman SCN laksanakan salah satu Program yang masuk dalam visi dan misi bapak Bupati Bantaeng.

Saya berharap kepada OPD terkait, agar memperhatikan para seniman yang ada di kabupaten Bantaeng, termasuk dalam kegiatan lomba musik tradisional.

Saya merasa bangga terhadap Keberadaan Seniman Celebes Nusantara yang mau berbuat dan mengembalikan Kejayaan Seni Musik Tradisional di Kabupaten Bantaeng Ini”. Tutup Abdul Wahab

Sementara Ketum DPP SCN Yudianto Gallatoa dalam sambutannya mengatakan, Seniman Celebes Nusantara (SCN) yang mempunyai motto Rumah Kita, Rumah Para Seniman adalah salah satu wadah penyalur bakat para Insan Seni, selain itu SCN juga akan senantiasa menjaling kerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat guna bersama sama menjaga seni dan budaya bangsa Indonesia.

” Terima kasih kasih kami ucapkan kepada pemerintah Kabupaten Bantaeng atas dukungannya terhadap kegiatan teman teman Seniman Celebes Nusantara , Sebuah organisasi tanpa dukungan dari pemerintah dan masyarakat tidak akan bisa berjalan maksimal, dan kami selaku pengurus DPP sangat berharap agar kiranya SCN Bantaeng senantiasa menjaling kerjasama dengan pemerintah dalam menjaga serta memajukan budaya lokal di Kabupaten Bantaeng”. Ucap Yudianto

Pentas Seni Musik Tradisional dengan Tema
Kembalikan Kejayaan Musik Tradisional Sebagai Khasanah Budaya Bangsa digelar di Balla Lompoa Bantaeng dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 75.

Satu persatu grup musik tradisional tampil di atas panggung membuat suasana begitu meriah, dan tak sedikit peserta lomba dan panitia serta tamu undangan terlihat larut dalam irama musik yang dimainkan para peserta.

Menurut laporan Ketua Panitia Rola Batara, Kegiatan pentas Seni Musik Tradisional terlaksana berkat bantuan dari beberapa Sponsorship seperti Herlita Resindence, UD Hamid Jaya (Penyuplai Bahan Pangan Program BPNT) Ketua Apdesi, Para TKSK BPNT, Kapolres Bantaeng, Kadis Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan,Kadis Kesehatan, Armada Group Dan beberapa Pejabat Pemerintahan dan Tokoh Masyarakat yang ikut Berfartisifasi dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para sponsorship atas bantuan dan partisipasinya sehingga kegiatan Pentas Seni Musik Tradisional berjalan lancar. Dan kami pun menyampaikan bahwa anggaran yang terkumpul dari sponsorship sekitar 8 Juta rupiah.

Penulis : Supriadi Awing
Editor    : Mariyani
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here