Beranda BULUKKUMBA

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UIM Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Bulukumba

26
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA –Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Bulukumba, Universitas Islam Makassar (UIM) menjalin kerjasama dengan Pemkab Bulukumba.

Bentuk kerjasama tersebut tertuang dalam Nota Perjanjian Kerjasama (MoU) terkait penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf dan Rektor UIM Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M. Zain M.Si berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, kamis (11/11/2021).

Rektor UIM Andi Majdah menjelaskan, MoU tersebut merupakan bentuk sinergitas Universitas Islam Makassar dalam rangka mensupport pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“melalui kesepakatan ini, bagaimana UIM ikut membantu mengembangkan SDM di Kabupaten Bulukumba dan juga UIM bisa ikut serta meningkatkan program kerja di seluruh bidang,” ungkap Andi Majdah.

Selain itu, dirinya juga menuturkan bahwa sebelumnya UIM pernah melakukan sosialisasi terkait desa binaan yang disebut Program Desa Emas.

Secara garis besarnya, Andi Majdah menyebutkan program Desa Emas terkonsep melalui 5 pilar yaitu bina ukhuwah, bina ahklak, bina sinergi, bina dana, dan bina pasar (produk unggulan). Dimana bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat pedesaan dengan memanfaatkan secara optimal potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa.

“tentunya dibutuhkan konstribusi dari berbagai pihak, dan mudah-mudahan dengan kerjasama ini program desa emas bisa diwujudkan, sehingga bisa membawa Bulukumba menjadi Kabupaten yang maju, emas, dan yang Insya Allah Berkah,” terang Rektor UIM.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi serta menyambut baik kerjasama tersebut, oleh karena Kabupaten Bulukumba memiliki banyak potensi yang akan dikembangkan.

Termasuk berbagai potensi yang dimiliki oleh desa, dimana Bupati menilai sangat penting untuk mendapatkan perhatian para akademis penelitian dan pengembangan dari perguruan tinggi.

“Dengan rencana kerjasama pengembangan SDM ini dan berbagai kerjasama lainnya, tentu akan sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan produktifitas di berbagai sektor unggulan, seiring dengan meningkatnya tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik ke depan,” ucap Bupati.

Sebagai salah satu daerah pengembangan di wilayah Sulawesi Selatan kata Bupati, tentu kegiatan kerjasama dalam upaya pemanfaatan ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) diharapkan dapat menunjang berbagai rencana program kegiatan pembangunan, baik dalam skala jangka menengah maupun rencana jangka panjang.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba sangat merespon kerjasama dengan pihak perguruan tinggi Universitas Islam Makassar, dengan berbagai bentuk kerjasama yang dituangkan dalam Nota Kesepakatan Bersama ini untuk selanjutnya kita akan laksanakan secara bertahap atau sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan bersama segenap Civitas Akademika UIM, Ketua TP-PKK Bulukumba juga selaku Ketua HIMPAUDI Kabupaten Bulukumba, para kepala OPD terkait, Camat Ujung Bulu, serta Pimpinan dan Pengurus Cabang Muslimat NU Bulukumba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here