Beranda Berita Utama

Polres Bantaeng Bersama Pemda Menggelar Simulasi Sispamkota dan TFG

31
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Dalam rangka Antisipasi Dampak Sosial Wabah Covid – 19 di Kabupaten Bantaeng,
Polres Bantaeng bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melaksanakan kegiatan simulasi sistim pengamanan kota (Sispamkota) dan Tactical Floor Game (TFG).

Kegiatan simulasi tersebut dipimpin langsung Kapolres Bantaeng, AKBP Wawan Sumantri, ST.SH.MH, bertempat di Aula Endra Dharmalaksana 99 Polres Bantaeng, pada kamis 16/4/2020, sekitar pukul 13.45 wita.

Acara kegiatan tersebut dihadiri, Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si. Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Inf. (CZI) Tambohule Wulaa, S.IP. Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng, Ujang Irfan Hadiana, SH., MH. Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng, Johan Iswahyudi, SH. Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, A.Md. Kasi Ops Kodim 1410 Bantaeng, Kapten Inf. Imran. Kabag Ops Polres Bantaeng,
Kompol Jafar Tontong. Kepala Dinas Perhubungan Bantaeng Bahtiar. Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng dr.A Ihsan,M.Kes. Kasat Pol PP Bantaeng, Abdullah, S.STP. Kesbangpol dan Lnmas Bantaeng, Ir. Anwar Hamido, M.Si. Koordinator Satpam  Bantaeng, Para Kasat, Kapolsek dan Perwira jajaran Polres Bantaeng.

Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri mengatakan,” Saya ucapkan terima kasih kepada bapak bapak karena disela kesibukan dan kegiatan kesehariannya masih menyempatkan untuk hadir memenuhi undangan kami.
Wabah ini sudah berlangsung lebih dari 1 (Satu) bulan yang tentunya menimbulkan banyak persoalan, mulai dari pembatasan – pembatasan sampai saat ini kita harus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kab. Bantaeng, ungkap Kapolres Wawan Sumantri

“Kami dari Aparat Kepolisian mengapresiasi kepada bapak Bupati Bantaeng karena merespon secara cepat kebutuhan dari masyarakat, walaupun kita belum tahu kapan musibah ini akan berakhir, kata Wawan Sumantri

Untuk itu kita harus tetap mengantisipasi apabila terjadi hal – hal buruk yang dapat terjadi, sehingga kita membuat simulasi dengan metode Tactical Floor Game, agar kita dapat mengetahui tempat – tempat yang harus kita amankan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, jelas Wawan.

Yang terpenting dari kegiatan ini adalah bagaimana perpaduan dan sinergi kita secara bersama sama dengan satu tujuan untuk mengamankan Kabupaten Bantaeng ini, katanya.

Menurut Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Inf. (CZI) Tambohule Wulaa, S.IP. menjelaskan,
Pelaksanaan TFG ini bukan perkara kecil, ini harus dilaksanakan secara serius sehingga kami ada gambaran apabila terjadi kerusuhan di Kabupaten Bantaeng ini.

“Jangan hanya melihat dari sispamkotanya saja tapi kita harus melihat dari bagian lain yang belum tersentuh atau celah yang belum kita ketahui,” kata Tambohule

Semua yang hadir dalam kegiatan ini agar menyampaikan kepada bawahannya bahwa apa yang kita lakukan disini harus mereka ketahui sekalipun tidak sempat hadir disini, ungkap Tambohule

Sementara Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan, Kegiatan TFG ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghadapi dampak yang kita alami selama kurang lebih 7 bulan dengan segala keterbatasan yang bisa berdampak pada seluruh kehidupan yang ada di kabupaten Bantaeng.

Semua kegiatan yang telah dilaksanakan dalam menghadapi Covid – 19 ini tidak lepas dari support dan sinergi yang kita bangun bersama untuk diberikan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantaeng, kata Ilham Azikin.

“Kemarin bersama unsur forkopimda kita mencoba mengintervensi kebutuhan masyarakat khususnya keluarga yang kurang mampu sebagai upaya untuk mengantisipasi gejolak kebutuhan pangan dalam keterbatasan aktifitas selama berlangsungnya wabah Covid-19,” terangnya.

Kami yakin kegiatan ini tidak hanya menghasilkan manfaat yang besar tetapi juga bernilai ibadah dihadapan Allah Subhana Wa Taalah.

Setelah beberapa kata sambutan yang disampaikan oleh para stakeholder dari unsur Forkopimda Bantaeng tersebut diatas, selanjutnya acara kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pengamanan sispamkota dan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka mengantisipasi situasi yang tidak kondusif yang disimulasikan terjadi aksi unras, penjarahan dan pengrusakan yang dilakukan oleh massa pengunjuk rasa dibeberapa tempat obyek vital di wilayah Kabupaten Bantaeng, yang dilakukan oleh masing-masing para instansi terkait atau dari unsur Forkopimda Kabupaten Bantaeng.

Dalam acara ini hingga berakhir berlangsung lancar, aman dan kondusif.

Penulis : Mariyani,SE
Editor    : Supriadi
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here