Beranda BANTAENG Kunjungan Bupati Bantaeng, Pertanian Alami Ciptakan Peningkatan Pendapatan Ekonomi KWT Pedesaan

Kunjungan Bupati Bantaeng, Pertanian Alami Ciptakan Peningkatan Pendapatan Ekonomi KWT Pedesaan

52
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Bupati Bantaeng Dr.H. Ilham Azikin, M.Si melakukan kunjungan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Bonto Tangnga Desa Bonto Tangnga Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan pada selasa 12/1/2021.

Dalam kunjungannya Ilham Azikin didampingi Sekertaris Daerah Bantaeng Abdul Wahab,SE.M.Si, para Asistem lingkup Pemda Bantaeng, para Kepala Dinas/Badan, Camat Ulu Ere, Kapolsek Uluere, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebut, Rombongan Bupati Bantaeng menyaksikan langsung pelaksanaan Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Bupati Bantaeng Ilham Azikin saat dilokasi melontarkan beberapa pertanyaan kepada Ketua KWT Bontotangnga Sejahtera Hariaty terkait keanggotaan kelompok pelaksanaan pekarangan pangan di KWTnya serta manfaatnya bagi anggota, tanya Bupati kepada Hariaty.

Mwnjawab pertanyaan Bupati, Hariaty mengatakan bahwa anggotanya terdiri dari 30 orang dari 30 rumah. Dan umumnya anggota sudah menjual ke pasar atau pengumpul. Disampaikan pula bahwa manfaatnya sudah dirasakan oleh anggota di mana keluarga anggota KWT dapat menikmati sayur sehat tanpa harus ke pasar atau ke kebun yang jauh dari rumah mereka, jelas Hariaty.

Di samping itu dari hasil penjualan sayuran hasil pekarangan mereka dapat memenuhi sebagian kebutuhan dapur yang lain, kata Hariaty.

Menyikapi pernyataan Hariaty, Bupati Ilham Azikin menyampaikan kembali kepada Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Asniati Ninra apa yang telah dibahas bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Rahmania A.,MP tentang pembentukan Koperasi Pelaksana P2L dalam rangka penanganan pemasaran hasil pekarangan.

Pada kesempatan itu, Bupati dan rombongan juga melakukan panen selada dan kol dari hasil penerapan budidaya pertanian alami yang dilaksanakan oleh KWT Bonto Tangnga Sejahtera.

Bupati juga berharap dengan adanya KWT ini, diharapkan dapat mendekatkan pasar dari rumah, yang tentunya juga dapat menigkatkan pendapatan Ekonomi Keluarga KWT itu sendiri.

Baca Juga :  Pemkab Bantaeng Gelar Peringatan Hari Amal Bhakti yang ke -76

Untuk semua pelaksana kegiatan P2L diharapkan mengembangkan anggota dan pekarangannya yang meliputi kualitas, kuantitas dan kontinuitas produksinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here