Beranda Berita Utama

Proyek Rekontruksi Tanggul 16 M di Bantaeng Diduga Kerja Amburadul dan Berbau Korupsi

1150
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Salah satu proyek pengerjaan rekontruksi tanggul sungai dampak banjir bandang yang terjadi pada bulan juni 2020 lalu, yang terletak di Kelurahan Bontoatu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan menuai sorotan LSM dan masyarakat Bantaeng.

Menurut Ketua Amanah Garuda Indonesia (LAGINDO) Aswar dihadapan wartawan halilintarnews.id sabtu 31/10/2020, mengatakan proyek tersebut bersumber dari tanggap darurat bencana alam yakni Alokasi dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020.

Setelah banjir bandang pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, mengucurkan bantuan tanggap bencana sebesar 16 miliar kepada pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk penganggaran tanggap darurat sebesar 1 miliar dan rekontruksi 15 miliar, ungkap Aswar.

Ia menambahkan bahwa hasil investigasi dan pantauan Tim Amanah Garuda Indonesia (Agindo), pekerjaan rekontruksi tanggul sungai tersebut diduga dikerja asal-asalan amburadul alias tidak sesuai perencanaan bestek, kata Ketua Agindo Aswar.

Menurunya diketahui bahwa proyek kontruksi tanggul sungai yang anggaran belasan miliyar diduga telah di nyatakan rampung 100 persen oleh pihak PPTK dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bantaeng, jalas Aswar.

Masih kata Aswar sangat disayangkan pekerjaan sesuai fakta yang terlihat di lapangan belum selesai hingga saat ini, dan dilokasi proyek tidak ada lagi aktivitas pekerjaan, kata Aswar.

Ketua Agindo Aswar berharap agar pihak Inspektorat Bantaeng Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk turun ke lapangan meninjau langsung sekaligus mengaudit proyek tersebut, harap Aswar.

Pekerjaan proyek tersebut disinyalir berbau korupsi, ungkapnya.

Sementara Kadis PU Kabupaten Bantaeng saat dikomfirmasi melalui selulernya terkait proyek itu, mengatakan hanya mohon maaf “saya tidak bisa memberikan keterangan karena di wilayah Bantaeng Banyak pekerjaan proyek PU, kata Kadis PU kepada halilintarnews.id sabtu malam 31/10/2020.

Penulis : Supriadi Awing
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here