Beranda Ternate

UKW ke III-IV 2020 di Selenggarakan Oleh PWI Malut

114
0


HALILINTARNEWS.id, MALUT — Dalam rangka peningkatan pelayanan, Informasi dan Publikasi baik secara One Line maupun
melalui media  cetak, Tabloid dan Elektronik.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara  kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) yang ke III – IV 2020.

 

Disela-sela pelaksanaan kegiatan UKW di buka langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal.S Depari bersama Wakil Ketua Dewan Pers Pusat Hendry DC Bangun di gedung Dhu’afa Center Jalan Sultan Muhammad Djabir Syah Ternate Provinsi Maluku Utara pada selasa 17/10/2020.

Setelah di laksanakan koordinasi antara panitia dengan pemerintah Kota Ternate, PWI Maluku Utara bersepakat untuk  menggelar kegiatan UKW  berpusat di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara dengan sistem dan tehnik, yang telah mendapatkan Suport dari Bupati Kota Ternate, ungkap Ketua PWI Maluku Utara, Syafrudin Ganda.

Sebenarnya 100 orang  lebih Jurnalis yang ikut mendaftar UKW namun banyak kekurangan yang tidak dilengkapi, setelah di verifikasi hanya 56 orang yang lulus verifikasi berkas di Dewan Pers untuk mengikuti UKW.

Ada 3 Jenjang yang di ikuti oleh para peserta UKW yakni, 42 tingkat Muda, 12 tingkat Madya dan 2 orang tingkat Utama.

Menurut Ketua PWI Provinsi Maluku Utara Syafruddin Ganda mengatakan, jumlah peserta UKW terbanyak tahun ini dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya, oleh karena itu di mohon Kepada Pemerintah selaku mitra kerja,  yang telah mengelola anggaran untuk memangkas sebagian anggarannya untuk Media ( Wartawan ).

Ia juga meminta agar para peserta UKW memenuhi Kriteria yang di tentukan panitia, kata Syafruddin.

Sementara Sekertaris Dewan Pers Pusat Hendry Ch. Bangun, menguraikan tentang pentingnya UKW, agar Wartawan kita bisa mendapatkan predikat kompetensi dan bersertifikat, yang mampaatnya sangat menguntungkan Pihak Wartawan, untuk lebih memenuhi kebutuhan pembuktian yang teruji, yang berkompeten dan Profesional.

Lanjut Sekertaris Dewan Pers Hendry meminta agar semua peserta dapat menunjukkan kemampuan yang di miliki, untuk  mendapatkan hasil yang di akui oleh Organisasi Dewan Pers, yang memiliki Kredibilitas tinggi.

persyaratan yang akan di penuhi oleh para peserta yakni, Peserta di wajibkan membawa Laptop,  Masker, dan tetap mematuhi anjuran Pemerintah, Protoko Kesehatan, jaga jarak, cuci tangan memakai sabun, pada air mengalir, dan yang terpenting para perserta dapat memperlihatkan Hasil rafid testnya, berdasarkan hasil pemeriksaan para medis dari masing – masing Wilayahnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan UKW  Sekertaris Dewan Pers, Ketua PWI Pusat, Kapolda diwakili Kabit Humas Polda Maluku Utara, Kementrian Agama Kota Ternate dan Tim penguji.

Kertua PWI Pusat Atal S, Depari mengatakan, Tema yang di usung UKW Kota Ternate, sangat relepan dengan harapan kita semua, terwujutnya Wartawan yang  berkompeten dan Profesional, sehingga dapat di akui oleh Negara dan tercatat sebagai anggota PWI di Dewan Pers.

Sebaliknya jika ada Oknum Wartawan yang tidak terdaptar dan tidak pernah mengikuti Uji Kopetensi Wartawan, maka mereka tidak di akui. Hal ini harus di perhatikan oleh para peserta. UKW.

Lanjut Ketua PWI, jika ada rekan Wartawan yang ingin ikut pemilu kada baik Bupati maupun Legislatif silahkan membuat Suarat Pengunduran Diri dari Organisasi PWI, ungkap Atal,S,Dapari.

Kegiatan di maksud sebagai wujud adanya kepedulian Dewan Pers, terhadap Wartawan dan sejumlah Awak media, dengan mengacu pada UU Pers Tahun 1999.

UKW ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap adanya kerja sama antar Lembaga, baik lembaga Pemerintah secara Yudikatif, Legeslatif, dan Edukatif, yang dapat meperkuat sistem kemitraraan.

Sebelum pembukaan UKW Ketua panitia/kordinaror UKW Kota Ternate Awat Halim saat pembukaan, menyampaikan, agar setiap Wartawan dapat mengacu pada UU Pers Tahun 1999.

Masih kata Ketua Panitia, semoga Tim Penguji dan para Peserta tetap dalam keadaan sehat walafiat, dan bisa tetap betah selama berada di Kota Ternate., tentunya tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, dengan menggunakan Masker.

Menurut Ketua PWI Kota Ternate, UKW terbanyak Tahun ini pesertanya di Maluku Utara, oleh karena itu di mohon Kepada Pemerintah selaku mitra kerja,  yang telah mengelola anggaran untuk memangkas sebagian anggarannya untuk Media ( Wartawan ), Ketua PWI Kota Ternate  Syafruddin Ganda ,juga meminta agar para peserta, memenuhi Kriteria yang di tentukan panitia.

Penulis : Rustam/Sup
Editor    : Akhmad Basir Noer
halilintarnews.id. 2020

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here