Aksi Mahasiswa HMI dan PMII Bentrok Dengan Aparat Kepolisian Jeneponto

HALILINTARNEWS.id, JENEPONTO — Di persimpangan jalan poros Jeneponto Bantaeng, samping mapolres Jeneponto, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi HMI dan PMII Cabang Jeneponto melakukan aksi damai untuk mengeluarkan aspirasi. Kamis, 02/07/2020.

puluhan mahasiswa yang tergabung dalam dua organisasi mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang jeneponto bersama dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Jenepono melakukan aksi dengan seruan INDONESIA DARURAT DEMOKRASI.

Aksi ini sebagaimana dalam pernyataan sikap yang dibuat oleh peserta aksi didasari atas rangkaian peristiwa yang dialami oleh mahasiswa yang diduga selalu dibubarkan, dipukuli sesekali tiap melakukan aksi damai.

Bukan hanya itu, puluhan mahasiswa juga mendasari aksinya atas ketidak transparansinya pemerintah khususnya Pemerintah kabupaten jeneponto terkait anggaran Covid-19 dan juga terkait persoalan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Amrullah Serang, selaku ketua umum HMI Cabang Jeneponto menjelaskan bahwa, Aksi ini adalah murni solidaritas antar mahasiswa yang dimana yang pertama, aparat kepolisian selalu melakukan tindakan represif terhadap mahasiswa bilamana melakukan aksi damai di kabupaten pemengkasan pada tanggal 25 Juni 2020 lalu, jelas Amrullah.

“Selain itu aksi ini juga didasari atas tidak transparannya pemerintah Kabupaten Jeneponto terkait anggaran Covid-19 dan RUU HIP yang dapat mengganggu keutuhan dan kesatuan NKRI,” tambah Amrullah.

Aksi damai yang dilakukan oleh kedua organisasi Mahasiswa ini tidak berjalan mulus sebagaimana yang diharapkan, karena terjadi insiden para peserta aksi dengan aparat kepolisian yang membuat peserta aksi dari PMII di amankan oleh aparat kepolisian Polres Jeneponto.

Masih kata Amrullah, “Bentrok yang terjadi antara peserta aksi dengan aparat kepolisian dipicu oleh aparat kepolisian yang menendang dan melakukan pelarangan pembakaran ban sedang itu adalah bentuk aspirasi,”ungkapnya.

“Hingga Teman mahasiswa yang tergabung dalam PMII kini di amankan di Polres Jeneponto,” Tambahnya.

Penulis : Red
halilintarnews.id. 2020