Beranda BANTAENG 70,06 Persen Masyarakat Bantaeng Telah Divaksin

70,06 Persen Masyarakat Bantaeng Telah Divaksin

38
0


HALILINTARNEWS.id,, BANTAENG — Dinas Keesehatan Kabupaten Bantaeng memastikan jika syarat Herd Imunity (Kekebalan Komunal) sebanyak 70 persen warga Bantaeng telah divaksin, kini terpenuhi. Pemkab Bantaeng kini fokus untuk menuntaskan vaksin kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, capaian 70,06 persen vaksinasi tersebut dicapai menjelang pergantian tahun.

“Kita sudah mencapai 70,06 persen, malam ini,” kata dr Andi Ihsan, di sela pemantauan pusat keramaian di malam tahjn baru, di Pantai Seruni, Jumat, 31 Desember 2021.

Dia mengatakan, Bantaeng menjadi salah satu dari beberapa daerah di Sulsel yang mencapai syarat herd imunity itu. Selanjutnya, Dinkes Bantaeng akan fokus mengajak masyarakat untuk tetap vaksin dan menyelesaikan vaksin kedua.

“Yang 70,06 persen itu vaksin pertama. Kni kita ajak kembali mereka untuk vaksin kedua,” jelas dia.

Andi Ihsan mengaku akan terus melakukan edukasi kepada semua masyarakat Bantaeng terkait dengan vaksinasi itu. Dia berharap masyarakat yang wajib vaksin dapat menjalani proses itu dengan sukarela.

“Edukasi kita untuk mereka yang wajib vaksin,” jelas dia.

Dia juga mengaku akan mempersiapkan vaksinasi untuk anak-anak jika syarat vaksin lansia telah tercapai. Sesuai aturan, vaksinasi untuk anak-anak bisa dilakukan setelah 60 persen lansia telah menjalani vaksin.

“Sekarang, kita fokus untuk melakukan edukasi,” jelas dia.

*Pergantian Tahun di Seruni*

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin bersama dengan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Bantaenf memantau keramaian di pergantian tahun di Pantai Seruni, Jumat, 31 Desember 2021 malam. Pemantauan itu dilakukan untuk memastikan instruksi Mendagri tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di pergantian tahun.

Instruksi itu tertuang dalam Rapat Koordinasi Rakor Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang digelar beberapa pekan lalu. Salah satu instruksinya adalah meniadakan aktivitas keramaian di alun-alun dan mengatur aktivitas UMKM

Keramaian di Pantai Seruni terpantau lebih landai di banding tahun sebelumnya. Sedangkan di Lapangan Pantai Seruni sama sekali tidak ada aktivitas keramaian.

“Ini tidak begitu ramai kondisinya. Hampir sama ji malam minggu ramainya. Mungkin karena efek hujan juga,” kata Ilham Azikin di sela-sela pemantauan.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini juga memantau pelaksanaan patroli kendaraan satpol PP. Patroli ini dilakukan untuk menertibkan petasan yang memang sudah dilarang untuk dinyalakan. Patroli ini juga cukup efektif untuk menekan letusan petasan.

Selain itu, rombongan juga memantau gerai vaksin di Tourist Information Centre (TIC). Di sini, petugas vaksinator bekerja sampai menjelang pergantian tahun.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here