Beranda BULUKKUMBA

Buka YESS Expo 2021, Bupati Andi Utta Motivasi Pemuda Berwirausaha Di Sektor Pertanian Serta Ajak Pemuda Bangga Menjadi Petani Milenial

84
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, BULUKUMVA — Salah satu implementasi progres pelaksanaan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian, Insan Citra Institute sebagai lembaga pendamping program YESS bersama SMK Negeri 11 Bulukumba menggelar pameran pertanian bertajuk Open Day, kamis (28/10/2021).

Kegiatan Pameran Produk Pertanian YESS Expo juga merupakan kerjasama Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Gowa, Sulawesi Selatan, dan rencananya pameran tersebut dihelat selama 4 hari yakni tanggal 28 s/d 31 oktober 2021.

Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf yang juga membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan YESS Expo, dimana kedepan diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para generasi muda untuk bangga serta tidak ragu berkecimpung di dunia pertanian.

Bupati menilai peran petani milenial sangat penting sebab kedepan mereka akan menjadi penentu dari kemajuan pertanian di masa yang akan datang. Petani yang memiliki wawasan global dan paham teknologi diharapkan Bupati dapat tumbuh serta dilakoni oleh para generasi milenial untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, termasuk mendorong pengolahan hasil pertanian yang berdaya saing melalui berbagai teknologi pertanian.

“apalagi sekarang semua sudah by technology, maka saatnya petani muda milenial mengambil alih dan berperan dalam sektor pertanian, sehingga produktifitas dan kualitas hasil pertanian bisa lebih kompetitif di pasaran,” ucapnya memotivasi.

Selain itu, Bupati yang berlatar belakang pengusaha tersebut juga mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dimiliki pemuda dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan, yakni diperlukan pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, baik karakter moral maupun karakter kinerja. Hal berikutnya memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni. Serta hal lainnya memiliki inovasi-inovasi baru sehingga pemuda mampu berperan aktif dalam berbagai bidang serta mampu memenangi kompetisi, baik regional, nasional, maupun global.

“karena kita adalah daerah agraris, maka seharusnya kita harus bangga menjadi petani milenial yang profesional. Olehnya itu kita harapkan program YESS ini dapat bersinergi dengan program Pemerintah Daerah di bidang pertanian, seperti Program Bibit Unggul dan pengembangan UMKM hasil pertanian,” kata Bupati Andi Utta.

Sementara itu Wakil Direktur I Polbangtan Gowa Dr. Kartika Sari M.Si menerangkan bahwa giat YESS Expo Open Day tersebut merupakan kali kedua dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dimana sebelumnya digelar pada SMK Negeri 10 Bontonyeleng.

Adapun tujuan pameran tersebut, kartika menjelaskan yakni untuk mempublikasikan produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh para pemuda milenial yang ada di Kabupaten Bulukumba, yang mana diharapkan agar dapat menarik minat masyarakat umum khususnya anak-anak muda meregenerasi dan melahirkan petani-petani milenial.

“kalau selama ini yang ada dibenak kita jadi pertanian itu kotor, pertanian itu identik dengan hal-hal yang kuno, maka sudah saatnya semua itu ditepis dan menjadikan mindset kita menjadi pertanian itu keren dan modern. Itulah yang harus kita camkan dibenak kita sekarang ini,” terang Wadir I Polbangtan Gowa dalam arahannya.

Seusai memberikan arahan, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana Hibah Kompetitif tahap II yang diserahkan langsung oleh Bupati Muchtar Ali Yusuf kepada 17 penerima sebagai salah satu bentuk penguatan modal dalam berwirausaha di sektor pertanian.

Bupati bersama Wabup juga menyempatkan diri mengunjungi stand – stand pameran melihat beberapa produk hasil pertanian yang terpajang.

Bertempat di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Bulukumba, Pameran Produk Pertanian YESS Expo juga turut dihadiri Wabup H. A. Edy Manaf S.Sos, Anggota DPRD Zulkifli Sayye, para Kepala OPD, Kepala Cabang Dinas wilayah V Sulsel Muh Haris S.kom, para Pengawas dan Kepala UPT. SMK se-wilayah V (bantaeng-Bulukumba), serta sejumlah jajaran Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here