Beranda BULUKKUMBA

Bulukumba Daerah Pertama Launching Trial Satu Data di Sulsel

87
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA –Kabupaten Bulukumba menjadi daerah pertama di Sulawesi Selatan yang melaunching Layanan Trial Satu Data bekerjasama dengan PT. Telkom
Hal tersebut diungkapkan Account Manager BigBox PT. Telkom Pusat M.Fadli Yoga saat mempresentasikan progres Trial Layanan Satu Data Kerjasama Pemkab Bulukumba dengan PT. Telkom di RM. Sulawesi, Senin 27/9.
Kerjasama Trial Layanan Satu Data menurut Kadis Kominfo dan Persandian Daud Kahal adalah, sebagai upaya memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam rangka melakukan integrasi menuju satu data sebagai bagian dari program satu data Indonesia.

Peluncuran program tersebut merupakan sebuah keseriusan dalam mengimplementasikan komitmen Bupati dan Wabup dalam mendorong percepatan digitalisasi pada lingkungan pemerintah daerah. Hal itu disampaikan Kadis Kominfo H. M Daud Kahal saat memberikan pengantar pada acara peluncuran tersebut.

Dikatakan Daud Kahal bahwa saat ini program trial Layanan Satu Data dengan 5 OPD sampel telah berjalan dan telah mengalami progress atas capaian yang diharapkan. Selain itu, menjadi sebuah kebanggan pula sebab diketahui Kabupaten Bulukumba menjadi daerah pertama di Sulawesi Selatan melakukan launching sejak ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia bulan Juli yang lalu.
Launching Trial Layanan Satu Data ini juga menjadi kebanggan oleh karena Bulukumba menjadi daerah ketiga di luar jawa setelah Kabupaten Manggarai dan Kota Batam, 7 Daerah lainnya ada di Pulau Jawa

“ini adalah suatu progress yang luar biasa dan membuktikan keseriusan kita bahwa Bulukumba bisa mengakselerasi program ini,” ucap Kadis Kominfo.

Daud Kahal berharap dengan adanya program Layanan Satu Data ini dapat menjadi bagian supporting dalam upaya mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di kabupaten Bulukumba.

Baca Juga :  ASN Bulukumba Laksanakan Apel Gabungan Pertama Sejak Pandemi Covid-19

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bappeda Ferryawan mengatakan bahwa ini merupakan awal yang baik bagi pemerintah daerah dalam hal integrasi data yang mana juga merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wabup kedepan seluruh OPD akan terintegrasi dalam satu data, dan diharapkan secepatnya bisa terimpelemntasi pada seluruh OPD Lingkup Pemkab Bulukumba.

“ada 26 OPD yang mudah-mudahan kedepannya kami akan komunikasi dengan pak kadis rencanakan kegiatan ditahun berikutnya sehingga seluruh OPD integrasi datanya bisa ke satu program ini,” terang Ferryawan .

Adapun program yang diperkenalkan PT. Telkom yakni program BigBox yang mana dapat membantu instansi mengintegrasikan seluruh data yang dibutuhkan di satu platform, dimana dalam implementasinya program tersebut membuat metadata standards kemudian diolah menjadi sebuah insights yang dikombinasikan dengan manajemen alur kerja/proses yang ada.

Hasil informasi yang diperoleh dari proses tersebut kemudian ditampilkan dalam dashbard laporan yang dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi pengambilan keputusan suatu instansi.

Bertempat di meeting room Rumah Makan Sulawesi, acara peluncuran tersebut hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bulukumba Ferryawan Z Fahmi, para Pejabat jajaran Diskominfo Bulukumba. Serta turut hadir Pejabat dan Staf OPD Sample Layanan Satu Data yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Sementara dari Tim PT. Telkom hadir Rahman selaku Kepala Cabang PT. Telkom area Bantaeng-Bulukumba, Asman Witel Makassar Khoirul Fahmi, Account Manager BigBox M. Fadli Yoga, Dev/IT Muh. Rinaldy, Marketing Rivano Dwi Heruan, serta Account Manager Bulukumba Oviana Karrang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here