Beranda BULUKKUMBA

Haris Yasin Limpo Lantik Andi Uttta Sebagai Ketua Mabicab, Andi Edy Manaf Sebagai Ketua Kwarcab

44
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA —  Pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 60 tahun 2021 tingkat Kabupaten Bulukumba yang digelar di Pantai Lemo-Lemo Kecamatan Bontobahari, Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Selatan melantik para pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba periode 2021-2026, Minggu 15 Agustus 2021.

Ketua Mabicab dijabat secara ex officio oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf sedangkan Ketua Kwarcab dijabat oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf. Ia terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwarcab pada Musyawarah Cabang yang dilaksanakan pada akhir bulan Juni yang lalu. Surat Keputusan pengurus Mabicab dan Kwarcab Pramuka Bulukumba ditandatangani oleh Ketua Kwarda Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo yang juga menjabat Menteri Pertanian RI.

Pada prosesi pelantikan, secara simbolis Bupati Muchtar Ali Yusuf memegang ujung bendera merah putih yang didekapkan di dada sambil mengucapkan Tri Satya Pramuka yang dipandu oleh Haris Yasin Limpo serta diikuti seluruh pengurus Mabicab dan Kwarcab yang dilantik.

Andi Edy Manaf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban amanah sebagai Ketua Kwarcab Pramuka.

“Hari ini kami telah dilantik, dan secara otomatis langkah yang harus ditempu adalah bagaimana menggerakkan roda organisasi saat ini dan hari-hari mendatang akan lebih baik,” pintanya.

Bagi dirinya, lanjut Edy Manaf Pramuka bukan hal baru oleh karena di masa sekolah sudah mengenal dan berkecimpung di Pramuka. Ia selalu kagum kepada Gerakan Pramuka karena Pramuka tidak pernah luntur terhadap nasionalisme, olehnya itu di masa kepemimpinannya ia akan berupaya memaksimalkan seluruh potensi untuk menyiapkan generasi-generasi muda sebagai pemimpin masa depan bangsa dan Negara.

Baca Juga :  Ratusan Personil Polres Bulukumba Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

“Kami berharap teman-teman pengurus, kakak-kakak Andalan terus mensuppor kami dalam menjalankan roda organisasi,” beber Edy Manaf.

Selaku Ketua Harian Kwarda, Haris Yasin Limpo menyampaikan amanat bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda dari hari ke hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak, termasuk peran Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan tersebut. Di Satya Pramuka kedua berbunyi “Menolong sesasam hidup dan ikut serta membangun masyarakat”.

Gerakan Pramuka lanjutnya adalah solusi pembagunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud. Oleh karena itu, kami titipkan kepada Bapak Bupati selaku Ketua Mabicab atas gerak tumbuh dan berkembangnya pramuka di Bulukumba

“Selamat mengabdi, selamat bekerja bagi kepengurusan masa bakti 2021-2026, kami menunggu karya dan bakti kakak-kakak sekalian,” pinta Haris.

Sementara itu Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyampaikan Pramuka sebagai organisasi pembinaan dan kader yang besar harus senantiasa memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan bangsa dan negara selama ini.

Apalagi saat ini Ketua Kwarcab Pramuka dijabat oleh seorang tokoh yang juga Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, sehingga saat ini dan ke depannya, gerakan Pramuka di Bulukumba semakin memperlihatkan eksistensinya dalam melakukan berbagai kegiatan, baik itu bersifat pengkaderan dan pembinaan sumber daya manusia, maupun berupa aksi-aksi sosial kemanusiaan yang masyarakat butuhkan.

Selain itu, lanjutnya kita berharap penanaman “Cinta Bulukumba” kepada generasi muda juga dapat dimulai dari Gerakan Pramuka Bulukumba. Rasa Cinta Bulukumba ini akan mendorong setiap orang untuk lebih peduli kepada sesama, lebih empati dan responsive, serta lebih semangat untuk berkarya dan mengabdi untuk Bulukumba yang lebih maju dan sejahtera.

Baca Juga :  Kapolres Bulukumba Dan Polsek Jajaran Beri Kue Ultah Kepada Dandim 1411 Dan Danramil

“Olehnya itu saya berharap, Gerakan Pramuka dapat menjadi pelopor dari Gerakan Cinta Bulukumba, dimana para anggota Pramuka Bulukumba menjadi teladan akan rasa cinta kepada Bulukumba,” ungkapnya.

*Haris Puji Andi Utta sebagai Sosok yang Gigih dan Ulet*

Saat menyampaikan sambutan selaku Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka, Haris Yasin Limpo mengungkapkan bahwa sejak lama sudah mengenal baik sosok Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba. Ia dan Andi Utta adalah teman angkatan di SMA 1 Makassar.

“Bupati ini (Andi Utta) luar biasa sekali. Saya sendiri tidak menyangka kalau Andi Utta mau jadi Bupati,” ungkapnya.

Menurutnya, Andi Utta seorang yang gigih dan ulet jika ada hal yang diinginkan. Sehingga ia tidak meragukan jika kemudian Andi Utta mampu membawa Bulukumba ke arah yang lebih baik.

Haris Yasin Limpo juga mengungkapkan rahasia dari kepemimpinan sosok Andi Utta selama ini. Andi Utta menjadi pengusaha yang sukses karena memiliki perhitungan yang pasti.

“Jika ada sesuatu harus pasti, apa yang mau dituju, apa manfaatnya untuk Bulukumba, dan nilainya apa. Semakin ditantang semakin ia jawab karena pengalaman hidupnya penuh tantangan,” kata Haris Yasin Limpo memuji.

Andi Utta juga kata Haris adalah seorang negosiator ulung. Sebelum menjadi Bupati, ia banyak di luar negeri melakukan negoisasi dengan berbagai pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here