Beranda JENEPONTO

Budayakan Adat Lokal Turatea Di Kanca Evening Gown Budaya Sul-Sel

90
0


HALILINTARNEWS.id, JENEPONTO –-Status budaya lokal Turatea, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, patut di acukan jempol, dan mendapat apresiasi dari Ketua TP.PKK Hj.Hamsiah Iksan Iskandar.

Kegiatan yang di ikuti Putri terbaik Jeneponto, merupakan upaya yang secara terus menerus di pertahankan guna mempertahankan Nilai Budaya yang di miliki para Perempuan tangguh yang secara berkesinambungan mempertahankan budaya lokal yang di miliki Daerah ini.

Kabupaten Jeneponto merupakan tanah leluhur bagi masyarakat adat, yang kini masih menyimpan, hasil tenung kearipan lokal yang memiliki nuansa budaya, yamg mampu bersinergi dengan Pakaia adat lokal lainnya yang ada di Sulaweai Selatan,

Sebagai wujud kecintaan terhadap budaya turatea,Drg.Mutiah Mutmainnah telah menunjukkan bakatnya yang selama ini terpendam, dengan mengenakan balutan kain sutra dan tenun tope di ajang fhasion show di pekan budaya sulsel, tim dekranasda kabupaten jeneponto yang dipimpin oleh Hj. Hamsiah Iksan keluar sebagai juara 2 tingkat provinsi kamis 8 Oktober 2020.

Dengan model penampil Drg.Mutiah Mutmainnah yang juga ASN dari PKM Bontosunggu kota. Menurut Hj. Hamsiah Iksan bahwa konsep yang di bawa ialah warna Lotus (Bunga Tonjong) yang sangat indah sebagai warna kesayangan para wanita di Kabupaten Jeneponto
Gaun panjang sutera asli Sulsel ini dipadu dengan Tannung tope Turatea yang telah menjadi primadona saat ini ungkapnya,Dekorasi bagian depan menggambarkan Daun Lontara sebagai penambah gaya yang sangat mendukung.

Tenun Sutra Sulsel dan Tannung Turatea adalah merupakan kearifan budaya yang patut dipertahankan sebagai identitas bangsa ujar Hamsiah Iksan.

Ini sebuah kebanggaan bagi masyarakat jeneponto, kita tetap berkomitmen untuk memajukan industri kreatif di Butta Turatea tutup Hamsiah Iksan yang didampingi Oleh wakil ketua Dekranasda Jeneponto Hj. Salmawati Paris.

Penulis : Ikbal
Editor    : Iswandhi
halilintarnews.id. 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here