PT Pos Indonesia Cabang  Bantaeng Mulai Salurkan BST ke Warga Desa Bonto Tallasa



HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Warga Desa bonto Tallasa terdampak Covid-19, beberapa waktu lalu sempat antre menyerahkan bukti foto kopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) kepada petugas PT Pos Indonesia cabang Bantaeng untuk mencairkan dana bantuan langsung tunai (BST) jatah Mei 2020 sebesar Rp 600.000 per KK. ( yang bertempat di kantor Desa Bonto Tallasa, pada selasa 12/5/2020.

PT Pos Indonesia cabang Bantaeng, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk bulan Mei sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga (KK) kepada warga terdampak wabah virus corona atau Covid-19 di desa bonto tallasa ini.

“BST atau bantuan langsung tunia (BLT) yang kita salurkan kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Bonto Tallasa, untuk jatah bulan Mei 2020. Besar nominal yang diterima warga Rp 600.000 per KK,” kata petugas PT Pos indonesia cabang bantaeng .

Ia mengatakan, jumlah warga kurang mampu yang terdampak langsung wabah penyebaran virus corona di Desa Bonto Tallasa, yang tercatat sebagai penerima dana BST sebanyak 261 KK, tersebar di 5 Dusun yang ada di Desa Bonto Tallasa ini.namun hal itu baru yang menerima yaitu 217 KK yang ada surat bukti penerimaan nya jadi tersisa sebanyak 44 KK ,maka dari itu masyarakat sangat mengharapkan yang sisa nya itu untuk dipercepat penerbitannya dan pencairan .

Dana BST ini diberikan Kemsos kepada warga terdampak Covid-19 sebanyak Rp 1,8 juta per KK, dan pencairanya dilakukan selama tiga kali, yakni bulan  Mei , Juni dan juli  2020 masing-masing Rp 600.000 per.bulan

“Dana BST yang kita salurkan sekarang kepada warga terdampak Cobid-19 di Desa Bonto Tallasa untuk jatah bulan Mei 2020. Sedangkan jatah dua bulan lagi akan dicairkan pada akhir juni mendatang,” ujarnya.

Namun, jadwal pencairan tahap II dan III tersebut, belum ada kepastian tanggalnya. “Yang jelas, jadwal penciaran dana BST ditentukan oleh Kemsos. PT Pos indonesia cabang Bantaeng hanya sebagai pelaksana pembayaran saja kepada warga penerima dana BST tersebut,” ujarnya.

H.Basing,SE menambahkan, pencairan dana BST di Desa Bonto Tallasa, dilaksanakan selama 1 hari,  Namun, bagi warga yang belum mencairkan dana BST dalam beberapa hari tersebut, bisa mengambil dihari berikutnya di Kantor Pos setempat.

Bacaan Lainnya

Pencairan dana BST tersebut dilakukan PT Pos Bantaeng yang langsung dilaksanan di kantor Desa Bonto Tallasa hari ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga guna mencegah penyebaran wabah virus corona di desa ini.

“Kita bersyukur pencairan dana BST di Desa Bonto Tallasa berjalan lancar dan masyarakat tetap disiplin menjaga jarak atau physical distancing, sehingga tidak terjadi kerumunan warga di halaman kantor desa,” ujarnya.

KORAN EDISI XXVII APRIL 2024 – Flip the Page to Read !!!

Sementara itu, Babinsa dan Binmas Desa Bonto Tallasa mengatakan, jumlah warga terdampak Covid-19 penerima BST di Desa Bonto Tallasa tercatat sebanyak 261 KK ,dan baru menerima 217 KK jadi menyusul yang 44 kk

Warga penerima BST sebanyak ini, tersebar di 5 Dusun Namun, kepala Desa tidak menyebutkan secara ini jumlah warga penerima BST di masing-masing Dusun dan Desa kecuali  sebanyak 261 KK.

Dijelaskan, warga penerima BST tersebut, tidak tercatat sebagai penerima bansos bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Bonto Yallasa “Jadi, warga penerima BST tersebut, benar-benar masyarakat yang terdampak penyebaran virus corona di desanya,” ujarnya.

Penyaluran dana BST kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Bonto tallasa, dilaksanakan secara serentak diseluruh dusun pada selasa (12/5/2020) Pencairan dana BST di Desa Bonto Tallasa seluruhnya melalui
Kantor Pos Bantaeng

Dg.Hali  (67), dari Dusun Kampung Beru ,salah seorang penerima dana BST mengatakan, dirinya terima kasih diberikan dana bansos Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan oleh Kemsos, sehingga kebutuhan pangan keluarganya bisa teratasi dari uang bansos.

“Saya terima kasih sekali Pak diberikan dana BST sebesar Rp 600.000, sehingga saya bisa membeli beras dan kebutuhan lainya disaat wabah pandemi virus corona.  saya sekarang nyaris tidak ada penghasilan sebagai buruh pengumpul batu gunung karena batu yang sudah berkumpul itu sejak Covid-19 benar-benar tidak ada pembeli” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Saeruddin Hasan (27), salah seorang sales di mandala financial  Ia mengatakan, dana BST yang diberikan pemerintah kepada dirinya sangat membantu untuk mengatasi kebutuhan pangan keluarganya.

“Uang BST yang saya terima ini akan belikan beras dan sebagian lagi untuk keperluan lainnya. Saya terbantu sekali dengan diberikan BST ini, sehingga saya tidak terlalu pusing lagi untuk memikirkan pembeli beras kebutuhan pangan keluarga disaat penghasilan sebagai sales di mandala financial tidak menentu,” ujarnya.

Saeruddin Hasan mengaku, sebelum ada wabah Cobid-19 di Bantaeng, penghasilanya sebagai sales di mandala financial rata-rata Rp 75.000 per hari, tapi setelah ada Covid-19 penghasilan anjlok hanya Rp 30.000 per hari.

Hal ini terjadi karena orang yang datang untuk pembiayaan kurang di setiap hari terus berkurang, akibat warga takut keluar dan banyak tinggal di rumah saja, serta aktivitas masyarakat turun selama wabah virus corona.

“Saya berharap penyebaran wabah virus corona di Tanah Air, termasuk bantaeng ini segera lenyap sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Dengan demikian, berbagai usaha yang digeluti masyarakat selama ini kembali normal,” ujarnya.

Penulis : Ambo Dodding
Editor    : Supriadi
halilintarnews.id. 2020

PT. Halilintar News Group

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *