“Operasi Tikus” Inovasi PKK dan Puskesmas Kecamatan Bungaya Cegah Stunting



HALILINTARNEWS.id, GOWA – Tim Penggerak PKK Kecamatan Bungaya bekerjasama Puskesmas Kecamatan Bungaya melakukan inovasi terkait pencegahan stunting dengan menghadirkan program “Operasi Tikus” (Operasi Tindakan Khusus Stunting).

Ketua TP PKK Kecamatan Bungaya, Hj. Basse Bolong Idris menjelaskan Inovasi Operasi Tikus ini merupakan inovasi yang sudah berjalan di Kecamatan Bungaya, khususnya diseluruh Posyandu.

“Dalam operasi tikus ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan, salah satunya untuk mencegah prevalensi stunting, dengan cara memberikan edukasi pentingnya membawa balitanya ke Posyandu setiap bulan untuk memantau tumbuh kembang balita, juga edukasi pemberian Asi eksklusif pada anak usia 0-6 bulan,” ungkapnya dihadapan Tim SMEP PKK Kabupaten Gowa di Kantor Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, Selasa (09/07/2024).

Selain itu, pihaknya memberikan edukasi kepada ibu-ibu balita terkait keterampilan mengolah bahan makanan tambahan yang berbasis pangan lokal yang akan diberikan kepada balitanya.

KORAN EDISI KE-30 | JULI 2024 – Flip the Page to Read !!!

“Jadi kami juga memberikan edukasi kepada ibu-ibu balita bagaimana cara mengolah makanan tambahan untuk anaknya yang berbasis pangan lokal, karena makanan bergizi itu tidak harus mahal,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf mengatakan, inovasi menjadi salah satu hal penting dalam upaya mempercepat penurunan kasus stunting di daerah. Dengan hadirnya Inovasi Operasi Tikus di Kecamatan Bungaya diharapkan ada langkah-langkah atau pembenahan untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada.

“Kalau kita berbicara inovasi, ini tidak terlepas dari munculnya sebuah ide atau gagasan kreatif kemudian diimplementasikan dalam rangka memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat,” tambahnya.

Pada kunjungan SMEP kali ini, Mussadiyah mengunjungi sejumlah titik diantaranya Rumah Dilan, Rumah Sehat hingga Rumah Gizi.

Bacaan Lainnya

Reporter : Hefrawansah
Redaktur : Fitri Indriani
@halilintarnews.id 2024

PT. Halilintar News Group

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *