Pemkab Bulukumba Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual



HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba menghadiri serta mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia secara virtual di ruang pola kantor Bupati, Selasa (1/6/2021).

Upacara yang mengusung tema “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh” diselenggarakan secara serentak dan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat tersebut dihadiri Pj Sekda Ir. Andi MIsbawati A Wawo, unsur Forkopimda Bulukumba, para Kepala OPD, serta Para Camat.

Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai – nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jokowi juga mengatakan walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang berdirinya Republik Indonesia berdiri, namun berbagai tantangan yang dihadapi Pancasila kedepan akan semakin berat di era globalisasi saat ini.

“Tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan”, ungkap Presiden saat memberikan amanat upacara.

KORAN EDISI XXVII APRIL 2024 – Flip the Page to Read !!!

Selain itu, Jokowi mengungkapkan perkembangan ideologi transnasional semakin meningkat memasuki lini kehidupan bermasyarakat dengan bermacam cara dan strategi, salah satu menurut Presiden yakni perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi khususnya memasuki revolusi industry 4.0 yang menyediakan berbagai kemudahan berinterkasi dan berorganisasi dalam skala besar lintas Negara.

“Menghadapi semua ini, perlunya pendalaman dan perluasan nilai – nilai Pancasila dengan cara – cara baru yang luar biasa yaitu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industry 4.0”, kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden juga mengajak seluruh pihak untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai – nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju seperti yang kita semua cita – citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”, tutup Presiden RI.

Bacaan Lainnya

Penulis : Ikbal
Editor    : Supriadi Awing
halilintarnews.id. 2021

PT. Halilintar News Group

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *