Beranda BANTAENG

Dandim 1410 Bantaeng Canamkan PKD di Sekolah Pesantren

39
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Dalam rangka menanamkan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945, DANDIM 1410 Bantaeng CZI.Tambuhule Wulaa, memberikan Materi  Pendidikan Bela Negara, pada Pesantren DDI Mattoanging Kelurahan Lamalaka Kecamatan Bantaeng  Kabupaten Bantaeng Sulaweai Selatan,  pada Jum”at 30/10/2020, pukul 14.45 Wita.

Dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan dasar merupakan kegiatan yang harus di ikuti oleh seluruh siswa, dewan guru maupun pimpinan sekolah yang bersangkutan.

Hal ini bertujuan agar siswa dapat dengan mudah mengetahui Alur Ornaisasi yang di pimpinnya, baik cara berorganisasi, membuat Stuktur Organisasi hingga pembuatan Proposal, yang nantinya bisa di jadikan acuan guna kemajuan Oraganisasi kedepan.

Menurut Dandim 1410 Bantaeng, Czi. Tambuhule Wulaa, Maksud dan tujuan Materi Bela Negara kita berikan untuk, di jadikan Dasar, pegangan hidup selaku Bangsa indonesia yang setia dan taat pada Pancasila dan UUD 1945, sebagai dasar Negara dalam membela Tanah Air Indonesia, bagi kita semua sebagai Bangsa yang Bangga, Punya NKRI, yang merupakan Rohnya Bangsa dan Negara yang kita cintai, ( Indonesia ).

Pelatihan Kepemimpinan Dasar ini (PKD), di prakarsai oleh, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bantaeng.

Hadir dalam kegiatan ini, yakni
: Letkol Czi Tambohule Wulaa,
(Dandim 1410/Bantaeng), Sumarno Paho Tika S.Pdi ( Struktur Wilayah GP Ansor Sul-Sel), Aspar Ramli ( Ketua PC GP Ansor Bantaeng), Muh. Ridwan Yusuf S.Pd ( Sekretaris Pimpinan Wilayah GP Ansor ), dan 20 Orang Peserta GP Ansor.

Adapun inti yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yakni :
Tanamkan dalam hati kita bahwa Pancasila, UUD 1945 dan NKRI adalah pegangan kita dalam bernegara. Jangan jadikan kegiatan keagamaan ini sebagai wadah untuk menjadi tenar tetapi dijadikan   pembelajaran sebagai Warga Negara yang mempunyai Akhlak dan Budi pekerti yang baik.

Jangan mudah terpancing dengan provokasi – provokasi dari luar tetapi kita sebagai warga negara yang baik harus menggunakan analisa yang tajam untuk menghadapi situasi Negara yang terjadi saat ini. dan yang terakhir adalah, kami selaku Pemateri PKD menitipkan bahwa siapaun diri kita, pangkat dan jabatan bukanlah tujuan akan tetapi menjadi diri sendiri jauh lebih baik di banding jika kita hidup tanpa jati diri, warnailah zaman tetapi jangan larut di dalamnya.

Menurut Pemateri, setelah Pelatihan Kepemimpinan Dasar ini, jadilah seorang militan yang tanggap, tangguh, dan tidak mudah larut dalam keadaa zaman, jadikan ini sebuah Pilter untuk mencegah terjadinya issu yang bisa mebinasakan Ummat.

Organisasi yang baik, ketika kita mampu membesarkannya, bukan sebaliknya, kita yang di besarkan oleh Organisasi, sambil mencotohkan ” ibarat setangkai padi semakin berisi aemakin merunduk “. Tetap jaga fisik dan mental yang kuat, sehingga setelah LDK ini, kita mampu menjaga diri, membawa diri, menyesuaikan diri, yang terakhir, pengendalian diri dan mawas diri, untuk menjadi komponen cadangan.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan aparat Teritorial, yang di berikan kepada Masyarakat sebagai dasar Bela Negara, dalam berbangsa dan bernegara, untuk mewujudkan Isi Mukaddimah UUD 1945p, mencerdaskan kehidupan Bangsa melalui Latihan Dasar Kepemimpinan, Khususnya Pemuda Ansor, Kabupaten Bantaeng.

Menurut Dandim 1410 Bantaeng, maksud dan tujuan dari kegiatan ini, yakni memberikan pemahaman, dan pembekalan kepada masyarakat tentang arti pentingnya, Pancasila, UUD 1945, dan Bineka Tunggal Ika, dalam kehidupan sehari – hari sebagai komponen Bangsa.

Pemuda Ansor # indonesia tanah airku#pancasila dasar negaraku#bihneka tunggal ika pemersatu bangsaku#.
Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ), Wujudkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang Agamis dan Berpancasilais, kegiatan ini berakhir pada pukul 17.10 Wita.

Penulis : Mariyani
halilintarnews.id. 2020

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here