Opab Gempa Makassar Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Pokko’ Takalar



HALILINTARNEWS.id, TAKALAR – Organisasi Petualangan Alam Bebas Genarasi Muda Pecinta Alam Makassar (OPAB GEMPA Makassar) gelar konsevasi ekologi mangrove.

Lokasinya, di sepanjang pesisir Pantai Pokko’ Takalar Lama, Sabtu-Minggu ( 5-6/3/ 2022). Kegiatan ini mengusung tema ‘sumber daya alam untuk sekarang dan masa yang akan datang’. Penanaman mangrove ini dibarengi dengan sosialisasi pentingnya mangrove bagi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Sosialisasi disebut penting agar masyarakat di sekitar lokasi bisa menyadari bahwa mangrove akan memiliki dampak positif untuk kehidupan.

Ketua Panitia Konservasi Ekologi Mangrove Taslim Musyawir menjelaskan, latar belakang kegiatan ini hadir.

Menurut dia, bahwa seringkali terjadi kenaikan permukaan air laut dan hal itu dapat mengganggu kehidupan sosial masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

“Kehadiran mangrove dapat menjadi tanggul alami yang akan membendung arus maupun ombak saat cuaca tidak bersahabat sehingga air laut tidak menyentuh pemukiman masyarakat sekitar,” katanya.

Selain itu kata dia, banyak hal positif yang bisa didapatkan dari hutan mangrove. Dimana dari segi ekologi dapat menjaga pesisir dari abrasi dan kenaikan permukaan air laut. Kemudian dari segi ekonomi, ekosistem mangrove akan ditempati oleh fauna laut untuk berkembang biak dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

KORAN EDISI XXVI MARET 2024 – Flip the Page to Read !!!

“Jadi tidak hanya dampak positif dari segi ekologis saja, nantinya kalau sudah berbentuk hutan mangrove ini nanti bisa menjaga tambak ikan yang ada di sekitar pesisir pantai. Selain itu bisa juga di jadikan eko wisata,” ucapnya

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Ketua Umum OPAB GEMPA Makassar, Abdul Rauf Musadat mengatakan nantinya kegiatan ini akan mengundang organisasi dan individu pegiat alam bebas untuk terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove ini.

Dikatakan, sebelum melakukan penanaman pihaknya melakukan bazar dialog untuk mengetahui tentang mangrove, undang-undanp pesisir dan lainnya. “Organisasi tersebut merupakan organisasi terdekat yang sering berkolaborasi bersama,” bebernya.

“Kerjasama dan kolaborasi bersama bisa tumbuh dan juga kami memfasilitasi kawan-kawan pecinta alam untuk telibat dalam proses penanaman nantinya,” sambung dia. Rauf berharap agar kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan sukses. Sehingga, tujuan-tujuan baik untuk pelestarian lingkungan ini dapat tercapai.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan sukses, agar masyarakat dapat merasakan langsung dampak positif dari kegiatan ini,” pungkasnya. (*)

Nawir Ila Al Haq

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *