Beranda BULUKKUMBA Turunkan Alat Berat, Petani Ujungloe Berterima Kasih kepada Pemda Bulukumba

Turunkan Alat Berat, Petani Ujungloe Berterima Kasih kepada Pemda Bulukumba

30
0


HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA –Tanpa menunggu lama setelah menerima aspirasi dari petani Kecamatan Ujungloe terkait debit air persawahan yang semakin kecil, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf kembali menurunkan alat berat eskavator miliknya untuk membantu menormalisasi aliran sungai menuju bendungan Balangtikeke serta membersihkan sedimen di sekitar bendungan yang berada di Desa Balong Kecamatan Ujungloe.

Diketahui bendungan Balangtikeke ini merupakan bendungan yang mengairi areal persawahan sekitar 764 hektar yang berada di tiga desa yaitu Balong, Garanta dan Manjalling. Saat ini juga petani sudah mulai memasuki musim tanam padi, sehingga para petani membutuhkan banyak air.

Kepala Dinas PUPR Rudy Ramlan menuturkan, setelah mendapat perintah dari Bupati Bulukumba, pihaknya langsung turun ke lapangan dengan membawa satu alat berat eskavator milik Pemda Bulukumba dan satu eskavator milik perusahaan Muchtar Ali Yusuf pada tanggal 22 Desember

Setelah melakukan penelusuran bersama tim, ditemukan aliran anak sungai yang panjangnya sekitar 700 meter dalam kondisi sangat memprihatinkan dengan debet air yang sangat kecil karena salurannya hanya selebar 1 meter lebih. Begitu pun dengan kondisi sekitar bendungan yang dipenuhi sampah dan semak belukar yang membuat arus air terhambat.

“Saluran anak sungai yang awalnya hanya selebar 1 meter, kami perlebar menjadi 4 meter sehingga debet air masuk ke bendungan lebih maksimal,” ujar Rudy Ramlan.

Pihaknya juga bersama para petani bergotong royong melakukan pemasangan bronjong pengarah di sungai Balangtikeke dengan menurunkan 2 unit excavator guna percepatan pekerjaan. Kurang lebih 200 biji batu gajah juga disiapkan untuk menjadi penopang dan penguat bronjong guna menahan debet air yang besar di saat musim penghujan tiba.

“Alhamdulillah, hari ini (Minggu 26 Desember 2021), kami bersama petani Ujungloe melaksanakan kerja bersama dan pekerjaan sudah mencapai 98 persen,” kata Rudy yang mengaku bekerja bersama petani mulai pagi hingga malam selama 5 hari berturut-turut.

Baca Juga :  Jelang 8 Besar Piala Soeratin U-17, Bupati Andi Utta Lepas Tim Gasiba

Lebih lanjut Rudy menyampaikan akan menyelesaikan pekerjaan tersebut pada hari Senin 27 Desember yang saat ini menunjukkan hasil karena debet air dari sungai yang mengarah ke bendungan Balantikeke sudah mengalir dengan deras.

Bupati Andi Utta Turun Meninjau Pekerjaan Perbaikan Saluran Air

Di hari Minggu 26 Desember, Bupati Muchtar Ali Yusuf menyempatkan diri turun ke lokasi melakukan peninjauan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh Dinas PUPR bersama masyarakat petani Ujungloe.

Saat meninjau, Andi Utta sapaan akrabnya mengatakan salah satu penyebab terjadinya pendangkalan dan rusaknya aliran sungai disebabkan karena adanya penambangan galian C atau mineral bukan logam yang dilakukan secara illegal. Olehnya itu pihaknya, mewanti-wanti agar tidak ada lagi yang melakukan penambangan illegal di lokasi tersebut.

“Jika masih ditemukan ada penambang illegal, maka kita akan laporkan untuk diproses hukum,” tegas Andi Utta.

Salah satu warga Ujungloe, Iqbal Hasyim menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang memberikan perhatian dan bergerak cepat membantu petani untuk mendapatkan air selama musim tanam dengan melakukan normalisasi di hulu bendungan Balangtikeke.

“Atas nama keluarga besar petani di Kecamatan Ujungloe, tentu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Bupati Bulukumba yang telah mengarahkan bantuan alat berat ke lokasi,” kata Iqbal yang juga merupakan Ketua BPD Desa Manjalling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here