Beranda BULUKKUMBA Permudah Pemeriksaan Auditor, Bupati Andi Utta Lauching APPTi

Permudah Pemeriksaan Auditor, Bupati Andi Utta Lauching APPTi

42
0


HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA –Seiring perkembangan teknologi komunikasi informasi, Pemerintah Daerah juga harus berbenah dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis digital atau e-government.

Untuk memudahkan Auditor dan Auditee (pihak yang diaudit) dalam proses pemeriksaan, Inspektorat Daerah Kabupaten Bulukumba melakukan sebuah inovasi dengan meluncurkan Aplikasi Pemantauan Pemeriksaan dan Tindaklanjut (APPTi) berbasis digital dengan menyediakan layanan komunikasi dan transaksi dokumen yang lebih efektif dan efisien melalui website maupun aplikasi android di smartphone tanpa harus menyerahkan dokumen secara fisik.

Inspektur Daerah, Andi Sri Arianti mengatakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas maka dibutuhkan pemerintahan berbasis elektronik. Dalam menunjang tugas dan fungsi pemeriksaan Inspektorat, maka pihaknya memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan aktifitas tersebut.

“Olehnya itu penting rekan-rekan auditor internal memiliki kemampuan untuk memanfaatkan aplikasi ini dalam melaksanakan audit,” ungkapnya.

Di pihak lain, lanjut Sri Arianti, OPD juga harus siap melaksanakan proses pemeriksaan berbasis elektronik ini dengan menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi sehingga terjadi sinergitas dalam proses pemeriksaan melalui aplikasi tersebut.

Bupati Muchtar Ali Yusuf menyambut baik aplikasi ini, sehingga dikatakan bahwa pemanfaatan teknologi komunikasi informasi membuat tugas dan pekerjaan bisa lebih mudah, lebih efektif dan efisien, dimana antara auditor dengan pihak yang diperiksa tidak perlu bertemu secara fisik.

“Semua dokumen yang dibutuhkan bisa diakses melalui aplikasi, sehingga tidak ada alasan pekerjaan tertunda karena tidak bertemu,” bebernya.

Lebih lanjut, selaku pimpinan daerah, Andi Utta sapaan akrab Bupati mengharapkan kinerja Inspektorat Daerah dalam mendukung tata kelola pemerintahan dapat lebih ditingkatkan, untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan kerugian Negara oleh para pejabat, atau pelaksana kegiatan atau pihak lain,

Baca Juga :  Kapolres Bulukumba Pimpin Apel Kenaikan Pangkat Personel Bulukumba

Olehnya itu, paradigma fungsi pengawasan di lingkungan pemerintah daerah menuntut peran dan fungsi aparat pengawasan Inspektorat tidak hanya dimaksudkan untuk mencari kelemahan atau kesalahan melainkan juga berperan sebagai mitra kerja, penjamin mutu pemerintah daerah.

Untuk itu penguatan lembaga Pengawasan Internal yang melekat pada Inspektorat menjadi sangat penting, baik dari sisi penguatan SDM, kelembagaan, maupun tata laksana, sehingga Inspektorat dapat mengawal optimalisasi atas keberhasilan kinerja pemerintah daerah.

“Olehnya itu diharapkan terobosan aplikasi APPTi dapat membantu meningkatkan kinerja Inspektorat, dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang profesional di Kabupaten Bulukumba,” pinta Andi Utta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here