Beranda BULUKKUMBA Peringati Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Ke-76, Bupati Andi Utta Sampaikan...

Peringati Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Ke-76, Bupati Andi Utta Sampaikan Pentingnya Peran Guru di Masa Pandemi

48
0


HALILINTARNEWS.id, BULUKUMBA –Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menggelar upacara peringatan HUT PGRI ke-76 tingkat Kabupaten Bulukumba, Kamis 16 Desember 2021.

Upacara yang dihelat di halaman Kantor Bupati Bulukumba yang diikuti para guru dengan seragam PGRI, termasuk Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang bertindak selaku Inspektur upacara.

Bupati Muchtar Ali Yusuf saat membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI menyebutkan, tepat seratus hari setelah proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 25 November 1945 PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik dan tenaga kependidikan memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat untuk memajukan Pendidikan Nasional.

Lebih lanjut, setelah 76 tahun Indonesia merdeka, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan, dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen, unitaristik, dan non-partisan senantiasa terus dijaga, dan melekat dalam dada pengurus, pejuang, aktivis, dan para guru, pendidik, serta tenaga kependidikan.

Dikatakan tahun 2021 merupakan tahun kedua dalam suasana pandemi Covid-19 dan dinilai penanganan pandemi di tanah air telah mengalami kemajuan.

“Pasalnya sekolah di berbagai penjuru tanah air kembali melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas,” bebernya.

Dengan kembali dibukanya sekolah diharapkan dapat menekan angka learning loss dan meminimalisasi terjadinya lost generation pada anak didik kita.

“Kita tidak ingin ingin sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19, oleh karena itu, keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama,” pesan Andi Utta sapaan akrabnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan Pemerintah saat ini telah memprioritaskan pemberian vaksin di lingkungan pendidikan, dimana hal tersebut merupakan wujud perhatian dan komitmen Pemerintah Pusat maupun Daerah tentang pentingnya sektor pendidikan.

Baca Juga :  Bupati Andi Utta Serahkan Bantuan Rumpon dan Keramba Rumput Laut

Lebih lanjut Bupati menyebutkan, teknologi dan inovasi dalam pendekatan pembelajaran harus dipahami oleh para guru di masa pandemi saat ini, sehingga kehadiran guru tetap relevan sepanjang waktu termasuk ketika memasuki era masyarakat 5.0.

“Satu hal yang menjadi pembelajaran penting pasca Covid adalah peran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi. Guru adalah suri tauladan, kawan belajar, dan pemberi semangat ulung agar bara api anak didik tetap menyala untuk terus belajar meraih mimpi,” bebernya.

Olehnya itu ia berharap kepada PGRI sebagai mitra Pemerintah agar dapat memajukan pendidikan dan menyelesaikan persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana sehingga sehingga terwujud sinergi yang optimal untuk mencapai pendidikan nasional bermutu untuk Indonesia unggul.

*Rangkaian HUT PGRI Ke-76, PGRI Bulukumba Adakan Berbagai Lomba*

Sebagai rangkaian Peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021, PGRI Kabupaten Bulukumba mengadakan berbagai ajang perlombaan, antaranya lomba video pembelajaran, lomba pengucap Ikrar Guru Indonesia yang diikuti oleh tenaga pelajar mulai Tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK. Serta lomba paduan suara Mars PGRI yang diikuti oleh seluruh Cabang PGRI se-Kabupaten Bulukumba.

Pengumuman dan penerimaan hadiah hasil lomba dilakukan setelah upacara HUT PGRI dengan pemenang sebagai berikut :

Lomba Video Pembelajaran tingkat Taman Kanak-Kanak
-Juara 1 Juli Hasrita S.Pd dari TK Panrita Lopi
-Juara 2 Emmy Sylvianti Wenas S.Pd dari TK Negeri Pembina Ujung Bulu
-Juara 3 Harlina S.Pd dari TK Idhata II Ela-Ela.

Tingkat Sekolah Dasar
-Juara 1 Pratiwi Risnaeni dari SDN 24 Salemba
-Juara 2 Hj. Sumrah S.Pd dari SDN 49 Borong Rappoa
-Juara 3 Iriyanti Saharibulan S.Pd dari SDN 2 Terang-Terang.

Tingkat Sekolah Menengah Pertama
-Juara 1 Ulfiyah S.Pd dari SMP Negeri 2 Bulukumba
-Juara 2 Roshidaya Said S.Ag dari SMP Negeri 10 Bulukumba
-Juara 3 Imran Ariadi S.Pd dari SMP Negeri 7 Bulukumba.

Baca Juga :  Ini 10 Calon Pimpinan Baznas Bulukumba Periode 2022-2027

Tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan
-Juara 1 Syamsul Rivai S.Pd dari SMA Negeri 11 Bulukumba
-Juara 2 Hasna Paliwan S.Pd dari SMK Negeri 1 Bulukumba
-Juara 3 Andi Tirtawati S.Pd dari SMA Negeri 16 Bulukumba.

Lomba Pengucap Ikrar Guru Indonesia kategori Putera
-Juara 1 Faskal Hadis Sudin S.Pd dari SMP Negeri 33 Bulukumba
-Juara 2 Amran S.Pdi dari SDN 8 Nipa
-Juara 3 Muh. Idrus S.Pd dari SDN 40 Bontonyeleng.

Kategori Puteri
-Juara 1 Eni Fadliliani S.Pd dari MTs Negeri 2 Bulukumba
-Juara 2 Sukma Intang S.Kom dari SMK Negeri 1 Bulukumba
-Juara 3 Syahrani S.Pdi dari MIN 7 Bulukumba.

Lomba Paduan Suara Mars PGRI
-Juara 1 PGRI Cabang Gantarang
-Juara 2 PGRI Cabang Bulukumpa
-Juara 3 PGRI Cabang Ujung Bulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here