Beranda BANTAENG Kapus Bissappu Ernawaty Kembali Gelar “RAISA” Berdayakan Lansia Angin Procces

Kapus Bissappu Ernawaty Kembali Gelar “RAISA” Berdayakan Lansia Angin Procces

117
0


HALILINTARNEWS.ID, BANTAENG — Seiring berkembangnya sistim Informasi, Pasilitas dan penanganan Globalisasi terhadap Lansia Kepala Puskesmas Bisappu Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, telah menerobos arah kebijakan menuju Terciptanya Inovasi perubahan yang mengangangkat derajat kaum lansia di Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan wisata “GEMBIRA BERSAMA LANSIA” (RASIA) dilaksanakan di pantai marina Desa Baruga Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan pada sabtu 4/12/2021.

Kepala Kapus Bissappu, ERNAWATY

Menurut Kepala Puskesmas Bissappu Ernawaty, S.ST.SKM kepada halilintarnews.id menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, jumlah peserta lansia sebabyak 21 orang, kader lansia 7 orang, tim puskesmas 15 orang, jelas Ernawaty.

Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan, katanya.

Dikatakannya “Gembira Bersama Lansia” sebagai wadah silaturahmi, interaksi sosial para lansia dapat bermanfaat pada kesehatan fisik, mental dan intelektual lansia tetap terjaga, tutur Kapus Bissappu Ernawaty.

Selain menikmati keindahan alam pantai marina, kami juga melaksanakan berbagai kegiatan yakni, senam lansia, minum jamu kesehatan yang diracik oleh tim inovasi Puskesmas Bissappu, permainan gems lansia yang dapat mengasah daya ingat, mendengarkan ceramah agama oleh narasumber Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bissappu dan cerah kesehatan “Pola Hidup Sehat Dimasa Tua,” katanya.

Lansia merupakan seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas, Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahap akhir dari fase kehidupannya.

Kelompok yang dikategorikan lansia ini akan terjadi suatu proses yang disebut Aging Procces atau proses penuaan.

Dengan bertambahnya umur ,fungsi fisiologis mengalami penurunan,sehingga penyakit tidak menular banyak muncul pada usia lanjut.

Meningkatnya Jumlah penduduk Lansia setiap tahun berbarengan dengan berbagai masalah yang dialami yaitu : masalah fisik,psikologis dan sosial,yang tidak dibarengi dengan sarana interaksi sosial dengan sesama lansia.

Baca Juga :  Tim Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng Galakkan Kegiatan Kelompok Wanita Tani Wujudkan Kesejahteraan

Dampak dari masalah tersebut meningkatnya masalah kesehatan, bahkan semakin memperburuk kondisi kesehatan para lansia yang mengakibatkan biaya medis bertambah,kondisi ketergantungan akan bantuan orang lain.

Kesepian merasa terisolasi adalah perasaan yang tidak menyenangkan bagi lansia yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bahkan kematian.

Kepala Puskesmas Bisappu Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng, telah berupaya menyediakan sarana dan prasarana yang menyeluruh dan mudah diakses.

Upaya upaya tersebut adalah :
Polos adalah Poli lansia one stop service adalah pelayanan lansia terpadu terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lainnya.

Penyelenggaraan ” Pojok Dimensia” untuk kegiatan senam otak dengan menyediakan catur,puzzle, koran,teka-teki silang,buku bacaan.

Penyelenggaraan kelas bercerita ” Kisah Lansia” adalah Kelas inspirasi dan curhatan lansia.

Penyelenggaraan Wisata religi dan Budaya. .

Bimbingan rohani oleh tokoh agama bagi lansia yang sakit.

E-PMO yaitu pesan siaran (Broadcast massage) yang dikirimkan ke telepon seluler.

Ke enam poin inilah yang di harapkan mampu menopang kesenjangan yang dialami oleh para Lansia, sehingga mereka yang telah lanjut usia tidak merasa sendiri dan hidup dalam kebahagian disisa akhir hayatnya”.

Kegiatan ini kami laksanakan untuk meningkatkan cakukan dan kwalitas pelayanan lansia untuk mencapai sehat, mandiri, aktif dan produktif dan berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat, dan kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan kemitraan CSR PT KAWI PUSAKA RAHARJA (WingS), tutup Kapus Bissappu Ernawaty.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here