Beranda BANTAENG Gelar Konferensi Pers, Penanganan Banjir dan Longsor, Kadis PU Bantaeng Terapkan 3...

Gelar Konferensi Pers, Penanganan Banjir dan Longsor, Kadis PU Bantaeng Terapkan 3 Kajian

142
0


HALILINTARNEWS.id, BANTAENG — Kepala Dinas PU Kabupaten Bantaeng Andi Syarifuddin Magau menggelar konferensi Pers di ruang pola Wakil Bupati Bantaeng lantai dua pada 30/11/2021 pukul 14.00.

Turut hadir dalam komferensi Pers Kepala Dinas PU Bantaeng Syarifuddin Magau, Kepala Dinas Infokom Bantaeng H.Subhan, Kabid Infokom Andi Sukmawati dan belasan jurnalis media Online dan cetak.

Menurut Kepala Dinas PU Kabupaten Bantaeng Syarifuddin Maggau dihadapan rekan jurnalis mengatakan kami mengundang jurnalis guna meluruskan yang menuai polemik di masyarakat terkait banjir dan longsor terjadi di mana-mana.

“Adanya perubahan iklim dan curah hujan deras mengakibatkan banjir, karena derasnya hujan mendatangkan banjir dan longsor hal itu bagian “Rahmat” kata Kadis PU.

“Untuk mengatasi banjir dan longsor harus ada kajian Pemerintah Kabupaten Bantaeng yakni program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang,” ungkapnya.

“Langkah awal yang kami lakukan adalah program jangka pendek, kami akan lakukan normalisasi sungai, di tahun depan program jangka pendek yang akan kita lakukan di kawasan bisnis yang harus di selamatkan seperti pasar,” jelas Kadis PU.

“Untuk menyelamatkan usaha bisnis tempat jual beli di pasar tersebut, pemerintah Bantaeng juga akan melakukan usaha pergantian saluran, dan ada beberapa saluran kapasitas penampungannya dibanding jumlah tampungan tidak sebandi di sekitaran pasar akan di ganti salurannya di perdalam,” tutur Kadis PU.

“Kami akan menyiapkan bantuan genset atau pompa air saat penanganan banjir khususnya beberapa aliran sungai yang kurang mengalir ke laut seperti sungai Garegea, sungai Tangnga tangnga dan sungai Cabodo,” katanya.

Adapun dana kegiatan tersebut bersumber dari anggaran rutin, kata Kadis PU.

“Beberapa suangai yang kita lakukan kajian untuk dilakukan pengerukan agar airnya lancar mengalir ke laut,”

Baca Juga :  Bupati Bantaeng Hadiri Milad ke-58 SMKN 1 Bantaeng

“Kita harus bangun kajian sebab tanpa kajian membangun di khawatirkan sia sia dan kita kerjasama bagian teknik dari  UNHAS.

“Kemarin kami bersama bapak Bupati Ilham Azikin telah keliling memantau di beberapa titik kejadian banjir dan longsor termasuk di Kampung Borongganjeng,” pungkas kadis PU.

Sedangkan jangka menengah dan panjang sedang kita kaji, rencananya minggu ini Pemda Bantaeng akan melakukan penghijauan di Cekdam, jelas Kadis PU.

Sementara Kepala Dinas Infokom Kabupaten Bantaeng mengatakan, meminta kepada rekan wartawan untuk membantu pemerintah melakukan pencegahan banjir dan longsor atau meberikan pengertian warga Bantaeng untuk menjaga kebersihan jangan membuang sampah di sembarang tempat karena sampah juga mengakibatkan tersubatnya selokan, kata H.Subhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here