Beranda GOWA

Sahabat Lapor Pemkab Gowa Masuk Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulsel

22
0


Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HALILINTARNEWS.id, GOWA—-Inovasi Sahabat Lapor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa masuk sebagai Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Selatan Sulawesi (Sulsel) dan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulsel, Senin (6/9).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Pelaksana Tugas (Plt). Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo Makassar.

Usai menerima penghargaan, Wakil Bupati Gowa mengaku bersyukur atas masuknya Sahabat Lapor sebagai Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulsel. Menurutnya kehadiran inovasi ini untuk membantu dan mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat kepada pemerintah.

“Sahabat Lapor ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyampaian pengaduan kepada pemerintah. Kita berharap kedepan ini semakin ditingkatkan sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” harapnya.

Saat mendampingi Wakil Bupati Gowa, Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Indra Said yang sekaligus Inovator Sahabat Lapor menjelaskan bahwa Sahabat Lapor ini melibatkan 18 pemuda dan pemudi yang ada di setiap kecamatan.

Lanjutnya, para Sahabat Lapor yang ada di setiap kecamatan ini akan membantu masyarakat untuk menyampaikan pengaduan kepada pemerintah secara online melalui aplikasi Lapor. Apalagi saat ini kata Indra Said masih ada masyarakat yang belum tahu menyampaikan laporan secara online.

“Makanya kita rekrut Sahabat Lapor ini dari masyarakat dan itu dari pemuda-pemuda milenial kecamatan yang lebih melek teknologi sehingga masyarakat yang tidak dapat mengakses internet atau aplikasi itu, dapat difasilitasi oleh Sahabat Lapor sehingga pengaduan dari masyarakat itu dapat disampaikan kepada pemerintah,” jelasnya.

Kedepan, Indra Said mengungkapkan inovasi Sahabat Lapor ini akan terus ditingkatkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan sehingga cakupannya lebih luas lagi dan semakin mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pangaduan kepada pemerintah.

Baca Juga :  Edukasi Masyarakat Taat Prokes, Pemkab Gowa akan Bagikan 50 Ribu Masker

“Dengan adanya Sahabat Lapor sejak tahun 2019 dan 2020 jumlah pengaduan yang masuk itu sangat signifikan kenaikannya sampai dengan 8 kali lipat dengan jumlah 247 laporan. Dari laporan itu pemerintah Kabupaten Gowa semua menindaklanjuti dan tentu hasilnya sangat berdampak perbaikan layanan khususnya dari pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam arahannya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan. Dirinya berharap ini bisa dijadikan sebagai motivasi untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi ini merupakan bentuk inovasi masing-masing wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk mempermudah pelayanan. Jadi penghargaan ini bentuk apresiasi kita dan memberikan semangat bahwa ini bisa direplikasi di beberapa wilayah dan mungkin bisa saling tukar,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here